8 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Xiaomi Mi 5s

September 27, 2016

by — Posted in Berita

Tak perlu diperdebatkan lagi nyatanya Mi 5s membawa cukup banyak perubahan dari pendahulunya, Mi 5.

Xiaomi memperkenalkan flagship barunya untuk mengarungi kerasnya persaingan di dunia smartphone. Mi 5s kini lebih kuat dan garang… dari sisi spesifikasi. Lalu apa saja ubahan-ubahan Mi 5s baik yang signifikan maupun yang terkesan gimmicky saja? Simak 8 hal yang perlu Anda tahu tentang Xiaomi Mi 5s berikut ini:

1. Prosesor baru, maximum clock rate sama

Mi 5s ditenagai prosesor baru dari Qualcomm yakni Snapdragon 821 (MSM8996PRO), meski demikian  clock rate maksimum yang ditentukan oleh Xiaomi masih sama dengan Mi 5, yakni sebesar 2,15 GHz. Apakah ini hal yang buruk? Belum tentu, karena dibalik itu nyatanya clock rate terendahnya tetap mencapai 2,0 GHz, naik signifikan dibanding Snapdragon 820 di Mi 5 yang hanya sebesar 1,59 GHz. Mungkin pembatasan ini dilakukan Xiaomi agar Mi 5s terhindar dari gejala demam, sementara minimum clock rate dibiarkan tetap agar performa tetap prima.

mi5-mi5s-geekbench

2. Sensor kamera baru, berimbas adanya sunat fitur

Sensor yang dipakai Xiaomi Mi 5s kini berjenis Sony Exmor RS dengan kode IMX378, salah satu sensor paling advanced yang dibesut oleh Sony sejauh ini. Bahkan ada kabar Google Pixel dan Google Pixel XL juga akan memakai sensor yang sama, lho. Kembali ke Mi 5s, sekilas yang ditawarkan IMX378 di ponsel ini sangat menarik, dengan pixel berukuran besar mencapai 1.55 μm dengan resolusi 12,2 Megapiksel. Namun pemakaian sensor ini ternyata berimbas pada salah satu faktor yang sering dipamerkan oleh Xiaomi pada Mi 5, yaitu hilangnya OIS (Optical Image Stabilization). Well, memang jika ditilik kebelakang banyak yang sangsi terhadap performa OIS di Mi 5, tapi untuk sebuah ponsel flagship era sekarang, bukankah hadirnya OIS merupakah salah satu persyaratan wajib? Xiaomi berdalih hal ini disebabkan besarnya ukuran sensor IMX 378 sehingga penempatan modul OIS menjadi tidak memungkinkan.

3. Material baru

Metal, metal, metal…. material yang tahun ini jadi tren dari ponsel kelas menengah hingga kelas tertinggi, tak terkecuali Mi 5s. Dibanding Mi 5 yang sebelumnya terlihat anggun dengan desain back cover kacanya (keramik untuk Mi 5 Pro), kini Mi 5s terlihat lebih kokoh dengan bodi metal unibody, apa ini karena video sadisnya penyiksaaan Jerry Rig Everything terhadap Mi 5 ya? Terdapat perbedaan jenis permukaan pada cover bagian belakang Mi 5s, hairline finish untuk warna Emas dan Dark Grey atau frosted metal untuk warna Silver dan Pink. Bagus yang mana tentu adalah selera Anda yang akan berbicara. Meski demikian border hitam khas Mi 5 masih ada, cukup disayangkan mengingat banyak orang yang kurang suka terhadap faktor estetika ini.

specs_pink
Mi 5s warna pink.

4. Sensor sidik jari canggih

Mi 5s kini dibekali sensor sidik jari dengan Ultrasonic sensor berteknologi Snapdragon Sense ID. Sensor ini dapat menerima inputan jari Anda meskipun dalam kondisi yang kurang mendukung terhadap pembacaan sidik jari. Misalnya ketika jari Anda basah atau kotor, sensor sidik jari tetap akan bisa membacanya. Nah berikutnya ini yang menarik, penempatan sensor fingerprint di Mi 5s terkesan unik, karena berada di bawah permukaan panel layar. Lho? Tapi kenapa masih ada coakan di pada panel depannya? Hal ini dilakukan Xiaomi agar pengguna tetap tahu letak sensor ketika melakukan pengoperasian perangkat dalam keadaan kurang cahaya.

mi5s-fp-sensor

5. Kapasitas baterai lebih besar

Mi 5 hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 2900 mAh, dan mungkin Xiaomi menyadari bahwa angka tersebut belum lah cukup untuk segala jenis kemampuan yang dimiliki oleh mantan produk flagship mereka. Kini mereka belajar dan akhirnya tersematlah angka 3200 mAh di label baterai Xiaomi Mi 5s. Sejatinya tidak begitu signifikan, namun melihat potensi Qualcomm dalam usahanya menghadirkan prosesor irit daya dengan Snapdragon 821 yang menggunkan proses 14nm, sewajarnya aktivitas dari pagi hingga malam bisa terakomodasi dengan baterai seukuran ini.

6. Dimensi lebih tebal

Tidak dipungkiri kapasitas yang lebih besar berdampak pada ketebalan perangkat yang tidak bisa dihindari, Mi 5s kini 1 milimeter lebih tebal dibanding kakaknya Mi 5.

mi5s-dimension

7. Layar dengan teknologi Pressure Sensitive (varian 128 GB)

Fitur ini menurut Saya merupakan fitur gimmick dari Mi 5s, sebatas ada untuk mendongkrak penampilannya saja, setidaknya sejauh ini. Bagaimana tidak? Dalam presentasi peluncurannya saja Lei Jun tidak memamerkan fitur ini (seingat Saya).

8. Harga awal sama

Akhir-akhir ini sering sekali terdengar maupun tertulis kalimat “Mending Xiaomi….” dari banyak kalangan baik pengguna, penggemar, pengamat baik dalam nada sarkastik maupun yang sungguh-sungguh berasal dari hati. Mungkin berikut alasan utama kalimat tersebut terucap, harga. Jika dibanding kompetitor dengan price tag yang sama, tak dipungkiri Xiaomi adalah yang paling unggul. Contoh nyatanya pada Mi 5s, dibekali fitur seabrek dan spesifikasi mumpuni seperti ini Xiaomi tetap membanderol Mi 5s dengan harga 1999 yuan atau sekitar 4 jutaan, ini adalah harga yang sama ketika Xiaomi merilis Mi 5, apalagi dengan harga segitu Anda akan mendapat varian dengan kapasitas penyimpanan internal dua kali lebih besar, dari 32GB saja di Mi 5 menjadi 64GB di Mi 5S, gimana nggak “Mending Xiaomi?

mi5s-prices