Ringkasan Rumor Flagship Terbaru Xiaomi

September 23, 2016

by — Posted in Berita, Rumor

Desas-desus calon flagship Xiaomi semakin kuat seiring mendekatnya waktu peluncuran. Inovasi apa saja yang kali ini akan dipamerkan Lei Jun dan kolega di produk teranyarnya?

Hanya dalam hitungan hari kita akan menyaksikan debut ponsel terbaru dari Xiaomi. Tidak hanya satu, tapi mungkin ada dua ponsel flagship yang akan diperkenalkan. Kedua ponsel tersebut digadang-gadang akan bernama Xiaomi Mi 5s dan Xiaomi Mi 5s Plus. Merasa familiar? Lupakan saja, nama ini jelas tidak terinspirasi dari Apple. Mi 5 & Mi 5 Plus memiliki sederet rumor spesifikasi yang kabarnya akan kian garang dari ponsel flagship Xiaomi sebelumnya, sehingga tak ayal membuat banyak orang yang penasaran. Saya telah mengumpulkan beberapa rumor yang mungkin akan berguna bagi Anda yang nantinya hendak meminang salah satu, atau bahkan dua ponsel ini.

Desain

Mi 5S awalnya diperkirakan akan memiliki desain yang hampir mirip dengan Xiaomi Mi 5, namun semakin kesini banyak rumor yang berkata bahwa Mi 5s akan punya sedikit-banyak perbedaan desain dari saudaranya. Misalnya pada gambar yang tersemat di bawah ini, dikatakan bahwa Mi 5s akan mengusung layar lengkung di dua sisinya, kanan dan kiri. Memang jika menilik dari bocoran tersebut, desainnya sangat jauh berbeda dengan Mi 5, namun jangan panik karena bisa jadi ini hanya desain purwarupanya saja. Jadi apakah ini adalah wujud asli dari Mi 5s? Bisa ya, bisa tidak.

Kemudian bagaimana dengan sang kakak Mi 5s Plus? Jangan heran jika Anda akan menemukan “sesuatu” yang mirip dengan iPhone 7 Plus. OO *bukan kode*

Lalu ada apa dengan gambar di bawah ini?

Dapur Pacu

Bagaimana dengan jeroan Mi 5s ini? Apa spesifikasinya? Tenang, mari kita bahas satu-persatu. Pertama dari penggunaan prosesor, Saya cukup yakin jika Xiaomi Mi 5s dan Mi 5s Plus akan mengusung Snapdragon 821 besutan Qualcomm, hal ini diperkuat dari hasil skor AnTuTu yang mencapai 160-ribuan dari teaser yang dipamerkan oleh Xiaomi sendiri, angka yang fantastis memang dan Saya ragu apabila itu merupakan hasil dari Snapdragon 820 “biasa”.

Rumor ini diperkuat dengan adanya bukti hasil benchmark dengan nama “Xiaomi Capricorn” yang ditemukan pada situs Geekbench beberapa waktu lalu yang menunjukkan clock rate terendah ponsel tersebut terekam sebesar 2,00 GHz, yang mana apabila ditilik dari Mi 5 yang menggunakan Snapdragon 820, seharusnya angka tersebut ada di angka 1,59 GHz. Meski demikian, ada dua kemungkinan dari penganut codename ini, yakni Mi 5s atau Mi Note 2/Mi Pro, yang keduanya merupakan seri Mi dan biasanya dikodekan dengan nama rasi bintang. (kecuali Mi 4i, Ferrari).

mi5vcapri

Selanjutnya kita akan membahas berapa besaran RAM atau memori yang akan dianut oleh Mi 5s dan Mi 5s Plus, lagi-lagi rumornya cukup simpang siur, ada dua kemungkinan yakni kombinasi empat dan enam gigabyte atau empat, enam, serta delapan gigabyte. Keputusannya belum pasti, namun jika dipikir sederhana angka 8 GB untuk RAM di ponsel nampaknya cukup berlebihan, meski tidak mustahil juga, sih. Oh ya, yang jelas berapapun ukuran memorinya nanti, besar kemungkinan memorinya akan berjenis LPDDR4 sesuai anjuran spesifikasi dari Qualcomm untuk penggunaan seri Snapdragon 82x. Lanjut ke gudang penyimpanan, opsi-opsinya mungkin tak jauh berbeda dengan Mi 5, contohnya 32GB, 64GB, 128GB, atau bahkan 256GB, semuanya memiliki probabilitas seimbang dan tentu saja yang meyakinkan adalah jenisnya yang menggunakan UFS (Universal Flash Storage) 2.0.

Kamera

Tak banyak rumor yang menyebutkan perubahan atau peningkatan dari sektor kamera pada Mi 5s & Mi 5s Plus, tapi ada satu yang menarik. Dual camera, sesuatu yang akhir-akhir ini panas kembali di dunia smartphone, tidak lain karena ada sang “influencer” yang mulai masuk ke ranah ini (influencer tapi ikut-ikut?). Ya, Mi 5s / Mi 5s Plus kemungkinan akan memboyong dua lensa kamera pada bodi belakangnya. Bukti? Jelas:

Sembari menghayal bagaimana kerja fitur dual camera ini, Saya sajikan jepretan foto dari lensa kamera Mi 5s/Mi 5s Plus yang diambil dari akun Weibo milik Lei Jun.

Teknologi

Ini adalah salah satu sektor yang cukup menarik, karena bisa saja kita melihat inovasi pertama di dunia yakni penempatan sensor sidik jari di bawah layar. Rumor menyebutkan bahwa Xiaomi akan bekerja sama dengan Qualcomm untuk menyematkan teknologi Qualcomm Sense ID pada Mi 5s/Mi 5s Plus, yang mana nantinya sensor tetap dapat menerima inputan meskipun terhalang suatu material tipis misalnya panel kaca depan ponsel. Ini artinya kita tidak akan menemukan tombol khusus khas ponsel ber-fingerprint kebanyakan yang memiliki desain terpisah dari papan tombol kapasitif. Mari kita nantikan bagaimana implementas sesungguhnya.

Lain-lain

Rumor spesifikasi tak kencang berhembus dari segi layar, bisa jadi Xiaomi Mi 5s tetap memakai layar 5,2 inci Full HD 1080p milik Mi 5 dengan sedikit utak-atik atau bahkan dibiarkan sama, untuk Mi 5s Plus mungkin bentang layar akan naik ke angka 5,7 inci dengan resolusi Full HD 1080p atau bisa jadi malah QHD 2K. Dari sisi konektivitas sepertinya koneksi 4G LTE dengan minimal Cat. 9 seharusnya sudah menjadi kewajiban yang ada di ponsel kelas atas.

Ketersediaan dan Harga

Kedua ponsel ini dikabarkan akan diperkenalkan tanggal 27 Semptember tahun ini, alias hanya tinggal menghitung hari saja. Soal banderol harga rumor mengatakan tidak akan begitu signifikan bedanya dengan Mi 5 untuk Mi 5s meskipun dengan peningkatan yang cukup banyak, yakni sekitar 1999 yuan sampai 2699 yuan atau sekitar empat sampai 5,2 jutaan rupiah. Kasus berbeda untuk Mi 5s Plus, karena mungkin akan menghuni harga pasaran awal Mi Note model tertinggi yang mencapai 2700 yuan atau sekitar lebih dari 5,4 jutaan rupiah. Pembuktiannya mari kita tunggu tanggal 27 nanti.