Mengupas Duet Ponsel Kelas Atas Infinix, Zero 4 & Zero 4 Plus

October 4, 2016

by — Posted in Berita, Rumor

Infinix Mobile dikabarkan akan segera merilis flagship terbarunya dari seri Zero, tak hanya satu namun ada dua varian yang tengah disiapkan.

Varian

Santer dirumorkan dari berbagai media luar tepatnya di negara dengan populasi ponsel Infinix yang cukup besar seperti Nigeria dan Mesir, bahwa kali ini Infinix sedang meracik dua senjata sekaligus untuk kasta tertinggi produknya. Kedua varian tersebut akan dinamakan Infinix Zero 4 dan Infinix Zero 4 Plus. Rumor kali ini sepertinya bukan isapan jempol, faktanya dalam beberapa waktu terakhir memang ditemukan bukti-bukti yang akan kita bahas di segmen berikut.

Rumor

zero-4-series
Spesifikasi Infinix Zero 4 & Infinix Zero 4 Plus.

Lagi-lagi situs benchmark yang jadi biang keladi sumber bocornya informasi ponsel dari perusahaan yang bermarkas di Hongkong ini. Geekbench merilis beberapa hasil terbaru dengan nama “Infinix Zero 4”, dan “Infinix Zero 4 Plus”. Terungkap bahwa kedua varian ini memiliki perbedaan yang cukup kentara seperti penggunaan prosesor dan besaran RAM. Infinix Zero 4 dibekali dengan prosesor yang sudah cukup uzur yakni MediaTek MT6753 diduetkan dengan RAM 3 GB, sementara Infinix Zero 4 Plus punya prosesor yang jauh lebih bertenaga, MediaTek Helio X20 (MT6797m) dengan kapasitas RAM yang lebih lega sebesar 4 GB. Meski demikian keduanya telah dipra-instal dengan sistem operasi Android Marshmallow 6.0. Lalu apa hanya itu? Tunggu dulu, Saya akan bahas lebih dalam.

Sesaat setelah Saya menemukan bukti awal ini, rasanya makin penasaran apabila tidak melanjutkan pencarian. Dan benar saja, beberapa detik seusai ubek-ubek ke laman POSTEL, Saya mendapati bahwa Infinix Zero 4 ternyata tengah melakukan pengujian.

zero-4-postel
Infinix Zero 4 di POSTEL.

Sayangnya Saya tak menemukan adanya kode unik seperti yang biasa Infinix terapkan pada pengkodean produknya, contohnya seperti varian Infinix Note 2 yang dikodekan dengan alias “Infinix – X600”. Padahal dengan kode ini kita dapat mengetahui sedikit informasi tentang spesifikasi yang akan dibawa ponsel yang bersangkutan, yakni ukuran bentang layar, dimana pada Infinix X600 adalah sebesar 6 inci. Kok bisa? Ya, digit kedua dan ketiga pada kode ponsel Infinix identik dengan seberapa besar ukuran layarnya. Ini sudah teruji dari beberapa ponsel Infinix lain seperti: Infinix Hot S (X521) yang berukuran 5,2 inci, Infinix Zero 3 (X557) dengan ukuran 5,5 inci, dsb.

Namun Saya tak menyerah sampai di situ, rasanya kurang jika tak menggali lebih dalam. Akhirnya Saya putuskan untuk main ke forum Infinix yakni bbs.infinixmobility.com. Akhirnya Saya menemukan lebih banyak bukti, yep kini Saya punya nomor kode kedua calon duet ponsel flagship tersebut: Infinix – X555 dan Infinix – X602 (LTE). Apabila menilik pembahasan dari paragraf sebelumnya, Anda sudah tahu kan apa artinya? Bukan hanya kode, tapi Saya juga temukan wujud nyata kedua ponsel ini.

Infinix Zero 4 (X555)

Infinix Zero 4 dengan kode X555 akan jadi varian “ekonomis” dengan pemangkasan sejumlah fitur. Dibekali layar 5,5 inci beresolusi Full HD dengan panel IPS, dan akan dibalut dengan bodi metal. Nantinya kita akan menemukan prosesor yang sama sewaktu kita membahasnya di awal yakni MediaTek MT6753 octa-core, dengan RAM 3GB. Lalu pada bagian sticker di panel depan ponsel kita dapat melihat bahwa ada fitur-fitur seperti Laser Autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), kamera 16 MP + 8 MP, dan tak kalah telah tersemat fitur yang sedang kekinian akhir-akhir ini, sensor fingerprint. Kemudian kita akan menemukan tulisan X-Charging, yang sepertinya adalah fitur pengisian daya cepat baru yang dimiliki Infinix dan kemungkinan akan debut di Zero 4.

Infinix Zero 4 Plus (X602 LTE)

Inilah bintang sebenarnya dari pembahasan ngalor-ngidul kali ini, Zero 4 Plus X602 LTE, bisa dibilang ini adalah varian terkuat Infinix seri Zero yang pernah ada. Bagaimana tidak, dengan diperkuat MediaTek Helio X20 disandingkan dengan RAM 4 GB, ponsel ini bisa jadi rival kuat untuk merk sebelah yang juga akan meluncurkan ponsel dengan kategori sama. Apalagi jika melihat patokan harga yang dipasang Infinix biasanya cukup gurih. Dilihat dari kodenya, kita tahu bahwa layarnya akan berdimensi 6 inci. Ini sekaligus juga menjadi seri Zero pertama dengan layar sebesar itu. Mengenai butir spesifikasi lain tentang Zero 4 Plus akan Anda temukan di beberapa pembahasan berikutnya.

Ketersediaan

Walaupun rumor yang muncul sudah semakin membludak, Infinix tampaknya masih enggan menetapkan kapan mereka akan merilis duo Zero 4. Namun ada spekulasi bahwa kedua ponsel tersebut akan hadir antara bulan November-Desember. Bagaimana dengan Indonesia? Di POSTEL sendiri kedua versi Zero 4 sudah masuk dan sedang dalam tahap pengujian, meski POSTEL bukanlah acuan masuk atau tidaknya suatu produk, setidaknya Infinix Indonesia tengah memperjuangkan perangkat-perangkat mereka bisa masuk ke tanah air, kita tunggu saja.

Spesifikasi kunci Infinix Zero 4 (X555) – RUMOR:

Kamera: belakang: 16 MP, OIS, Laser autofocus, Dual LED flash / depan: 8 MP, soft flash
Layar: 5,5 inci IPS FHD
Prosesor & Memori: Octa core MediaTek MT6753/3 GB RAM/32 GB internal, dapat diekspansi via Micro SD
Sistem Operasi: Android 6.0 Marshmallow (XOS)
Battery: 3200mAh dengan X-Charging
Lain: Fingerprint Sensor

Spesifikasi kunci Infinix Zero 4 Plus LTE (X602) – RUMOR:

Kamera: belakang: 21 MP, OIS, Laser autofocus, Dual LED flash / depan: 13 MP, soft flash
Layar: 6 inci IPS FHD, Corning Gorilla Glass 4
Prosesor & Memori: Deca-core MediaTek Helio X20/4 GB RAM/32 GB internal, dapat diekspansi via Micro SD
Sistem Operasi: Android 6.0 Marshmallow (XOS)
Battery: 4000 mAh dengan X-Charging
Lain: Fingerprint Sensor, USB Type-C port, USB OTG