Xiaomi Redmi 4 Resmi Melenggang, Beragam Peningkatan, Tetap Terjangkau

November 4, 2016

by — Posted in Berita

Xiaomi akhirnya membuka tabir seri terbaru ponsel terjangkaunya setelah terlampau sering bocor di internet.

Xiaomi kembali merilis jagoan anyarnya yang dilabeli dengan nama Xiaomi Redmi 4. Redmi 4 akan meneruskan dominasi ponsel murah terjangkau Xiaomi yang sudah-sudah seperti Xiaomi Redmi 3, Redmi 3s, Redmi 3x, Redmi 3 Prime, Redmi 3S Prime yang sejak akhir tahun lalu sukses melambungkan prestasi penjualan ponsel Xiaomi.

Menilik ke sisi spesifikasi, Xiaomi menawarkan beragam peningkatan untuk Redmi 4 dibanding seri sebelumnya, terlebih untuk varian tertingginya. Sebut saja penggunaan prosesor delapan inti Snapdragon 625 dengan clock rate mencapai 2,0 GHz dikawinkan dengan GPU Adreno 506 yang bisa dibilang merupakan chipset kelas menengah yang saat ini tersedia di pasaran. Memori atau RAMnya ada di angka 3 GB dan didukung penyimpanan internal sebesar 32 GB. Redmi 4 varian terendah masih akan menggunakan prosesor Snapdragon 430 serta RAM sebesar 2 GB dan ruang penyimpanan 16 GB. Kedua varian Redmi 4 masih mempertahankan dukungan slot kartu SD model hybrid yang bisa diekspansi hingga 128 GB. Dari segi layar, Redmi 4 baik varian tertinggi dan terendah akan memakai layar berukuran lima inci namun untuk varian tertinggi resolusinya kini naik menjadi 1080p atau Full HD, berbeda dengan varian yang lebih ekonomis yang masih menggunakan panel beresolusi 720p. Meski demikian keduanya telah dilengkapi dengan teknologi kaca 2,5D. Kapasitas baterai Redmi 4 tak berubah yakni masih tetap berukuran 4100 mAh tapi tentu saja ini bukanlah hal yang buruk.

redmi4-2

Penampilan Redmi 4 sedikit mengalami perubahan dengan berpindahnya posisi kamera yang sekarang berada di tengah, untuk Redmi 4 versi lebih tinggi tepat di sebelah kiri terdapat lampu kilat dua buah yang juga menjadi peningkatan karena pada seri Redmi 3 jumlahnya hanya satu, beda halnya dengan Redmi 4 versi rendah yang tetap memakai satu lampu kilat dan letaknya berseberangan . Meski demikian resolusi yang diusung kameranya masih sama yakni 13 megapiksel dengan PDAF untuk kamera belakang serta 5 megapiksel untuk kamera depan. Sensor sidik jari juga tak absen di Redmi 4 dan letaknya tetap berada di tengah di bawah kamera utama. Redmi 4 dilengkapi dengan teknologi garis antena baru dengan pengaplikasian teknologi nano moulding untuk menciptakan desain yang lebih rapi karena tak lagi menggunakan cap plastik di bodi bagian belakang. Serta tak lupa penempatan loudspeaker yang sekarang ada di bawah bodi ponsel atau biasa disebut bottom firing speaker.

Menyinggung soal harga, ponsel yang akan tersedia dalam warna Dark Grey, Silver dan Gold ini akan dihargai 899 yuan atau setara dengan 1,8 jutaan rupiah untuk varian tertinggi, dan 699 yuan atau 1,4 jutaan untuk varian terendah. Menarik mengingat peningkatan yang cukup banyak ini namun Xiaomi masih tetap menjaga banderol harga ponselnya agar tetap terjangkau. Xiaomi Redmi 4 sendiri rencananya akan mulai tersedia untuk konsumen di Tiongkok mulai tanggal 7 November. Namun kira-kira apakah Xiaomi Indonesia juga akan turut memboyong Redmi 4 ke tanah air? Patut ditunggu.