Lineage OS, Babak Baru Para Penggiat CyanogenMod

December 26, 2016

by — Posted in Berita

Lineage OS adalah jawaban para pengembang terhadap komunitas custom ROM berbasis open-source CM yang sudah terlanjur besar.

Cyanogen Inc., lewat situs resminya baru saja membuat pernyataan mengejutkan di penghujung tahun 2016 dengan mengumumkan akan menghentikan seluruh layanannya, termasuk CyanogenMod yang sejatinya masih merupakan bagian dari Cyanogen. Pernyataan ini akan aktif mulai 31 Desember 2016 dan pada akhirnya kita harus mengucapkan selamat tinggal kepada Cyanogen Inc..

Tapi tunggu dulu, tak lama setelah pengumunan dari Cyanogen terbit dan menyebar kemana-mana, tim CyanogenMod dengan sigap menjelaskan kemana arah CyanogenMod akan bergerak setelah ditinggal orang tuanya, dimulai dengan diresmikannya nama baru, Lineage OS.

Lineage akan menjadi rumah baru para pengembang custom ROM berbasis open-source yang kurang lebih sama seperti apa yang mereka lakukan di CyanogenMod dulu. Memang segala macamnya belum terbentuk, bahkan laman resminya pun belum memuat apapun. Namun dengan mengutip Android Police, saya sudah mengumpulkan beberapa tautan yang mengarah ke akun-akun resmi Lineage OS yang nantinya dapat berguna apabila Anda tertarik terhadap proyek baru ini, yakni sbb:

Twitter: @LineageAndroid

Facebook: Lineage Android page

Google+: +LineageOS

Website: LineageOS.org

Semoga harapan terhadap Lineage OS untuk dapat menjadi basis pengembangan custom ROM berbasis open-source akan segera dapat terwujud dan dinikmati para pengguna ponsel Android, salah satunya pengguna ponsel yang masa pembaharuannya sudah tak terurus oleh sang vendor (ehem).

Sumber: Android Police