Menerka Sosok Calon Flagship Teranyar Xiaomi, Mi 6

April 12, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Mi 6 akan hadir dalam hitungan hari, tepatnya pada 19 April nanti di Tiongkok.

Tak terasa bahwa ponsel kasta tertinggi Xiaomi akan diperkenalkan dalam tempo yang tak lama lagi. Setelah tahun lalu Mi 5 memberi kejutan ke publik dengan sosoknya yang menjadi salah satu ponsel flagship dengan harga terjangkau berspesifikasi mumpuni, kira-kira apa saja yang akan disuguhkan Xiaomi di Mi 6 pada pertengahan April esok? Mari kita bahas bersama.

Desain

Berbicara ponsel flagship, tentu tak terlepas dari apa yang pertama kita lihat secara kasat mata yaitu desainnya. Sudah selayaknya sebuah ponsel yang diposisikan sebagai ponsel andalan memiliki desain yang menawan. Lalu seperti apa Xiaomi Mi 6 nanti? Mi 6 diproyeksi akan memiliki desain yang kurang lebih mirip dengan Mi 5 pada bagian belakangnya. Dimana akan terhampar panel kaca dengan lengkungan 3D di sisi kiri-kanan bodi. Yang membuat berbeda nanti adalah tentang rumor kehadiran dua buah lubang sejajar di sisi kiri atas bodi ponsel yang akan mengakomodir dua kamera belakang, ditemani oleh dua lampu kilat berjenis LED. Di sisi depan, Mi 6 akan tampil dengan desain ala Mi 5S yang punya sensor sidik jari di bawah panel layar. Ditambah, Xiaomi akan berusaha untuk mengecilkan tepian kiri-kanan layar Mi 6 agar terlihat lebih tipis. Ukuran Xiaomi Mi 6 sekiranya akan tetap kompak mengingat ukuran layarnya yang dipertahankan di angka 5,1 inci dengan jenis panel IPS beresolusi 1080p.

Spesifikasi

Di sektor dapur pacu, Xiaomi Mi 6 akan melanjutkan tradisi Xiaomi seri Mi lainnya dengan menyajikan spesifikasi mumpuni, terbukti dari informasi yang muncul di laman pengujian GFXBench yang tersemat di atas, menampilkan bahwa Xiaomi Sagit (Sagit kemungkinan merupakan nama kode dari Mi 6) akan memboyong Snapdragon 835 di jantung pacunya, platform terkencang racikan Qualcomm ini akan disandingkan dengan pilihan RAM dan ROM yang beragam, 4GB atau 6GB untuk RAM, dan 64GB atau 128GB untuk pilihan ROM-nya. Mi 6 akan berjalan di atas OS Android Nougat 7.1.1 dengan user interface MIUI khas Xiaomi. Sepasang kamera berukuran 11 megapiksel (12 megapiksel) akan hadir di belakang, sedangkan di depan Mi 6 akan mengandalkan kamera dengan sensor 8 megapiksel.

Fitur

Seperti kebanyakan ponsel Xiaomi yang lain, Mi 6 akan mendukung SIM dengan jumlah slot sebanyak dua buah, yang keduanya berjenis nano-SIM. Fitur ini justru membuat penasaran karena muncul rumor bahwa Mi 6 akan memiliki proteksi tahan air dan debu, hal ini mencuat saat adanya sebuah gambar dengan objek SIM tray yang diyakini merupakan miliki Mi 6. Melihat dari gambar di bawah, terlihat SIM tray (hitam) tersebut memiliki lapisan pelindung kedap air dengan adanya lapisan berbahan seperti plastik/karet.

Kemudian, fitur yang perlu dibahas selanjutnya adalah hilangnya jack 3,5mm, err… saya tahu memang seharusnya ini bukanlah sebuah fitur. Jika hal ini benar, maka Xiaomi Mi 6 akan jadi ponsel Xiaomi pertama yang tidak mempunyai dukungan port audio terdedikasi, mengikuti pabrikan lain seperti Apple dengan “keberanian” mereka menanggalkan salah satu fitur esensial dari sebuah ponsel.

Harga

Beralih ke harga, Xiaomi Mi 6 kemungkinan akan mengalami kenaikan harga dibandingkan dengan beberapa pendahulunya, yakni mulai di kisaran 2000 yuan atau sekitar empat jutaan rupiah. Secara spesifik, rumor menyebutkan harga akan dipatok sesuai konfigurasi yang disediakan, dimana Mi 6 varian terendah (4GB/32GB) dihargai 2199 yuan (4,4 jutaan rupiah), varian atas (4GB/64GB) di angka 2599 yuan (5,2 jutaan rupiah), dan terakhir varian tertinggi (6GB/128GB) pada harga 2999 yuan (6 jutaan rupiah). Perlu dicatat bahwa harga-harga di atas murni merupakan prediksi yang dikumpulkan dari rumor-rumor yang beredar dan bukan merupakan rilisan resmi dari Xiaomi.

Terlepas dari itu semua, seperti biasa sikapi pembahasan kali ini sebagai sebuah perkiraan semata yang memiliki dua probabilitas, benar atau salah. Terlebih, dengan waktu peluncuran yang tinggal beberapa hari saja, anggap saja artikel ini sekedar sebagai bumbu penambah rasa penasaran Anda yang menantikan kehadiran Xiaomi Mi 6.

Spesifikasi Kunci Xiaomi Mi 6 [RUMOR]:

Layar: 5,1 inci IPS FHD 1080p
Konektivitas: HSPA 42,2/5,76 Mbps, 4G LTE, WiFi 802.11 ac, dual nano-SIM, USB type-C
Prosesor & Memori: Snapdragon 835 / RAM: 4GB/6GB LPDDR4X, ROM: 64GB/128GB UFS 2.1
Kamera: belakang: dual 12 MP, dual tone LED flash / depan: 8 MP
Sistem Operasi: Android 7.1.1 Nougat dengan MIUI
Fitur: water & dust proof, sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, e-compass
Baterai: 3200 mAh dengan Qualcomm Quick Charge 4.0
Warna: White, Black, Coral Blue