Di 2017, Amunisi Motorola Tak Main-main

May 15, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Motorola siapkan sederet ponsel baru untuk isi seluruh segmen yang tersedia.

Jika sebelumnya kita sudah melihat bocoran tentang Motorola Moto X4 terbaru, kali ini tak main-main, seluruh line-up Motorola untuk tahun 2017 pun akhirnya juga ikut terungkap melalui sebuah gambar yang diunggah oleh Evan Blass, pemilik akun Twitter-nya @evleaks. Motorola setidaknya menyiapkan sembilan produk ponsel teranyar yang masing-masing terbagi ke dalam lima segmen berbeda.

Motorola 2017. Kredit: @evleaks.

Moto C dan Moto C Plus

Di segmen paling bontot akan ditemui tipe ponsel “sejuta umat” dikarenakan harganya yang terjangkau. Ponsel ini akan dinamai Moto C dan Moto C Plus. Seperti selayaknya ponsel dengan banderol harga terjangkau, Moto C akan menyediakan spesifikasi standar untuk mendukung kebutuhan komunikasi esensial seperti telepon, perpesanan sampai terhubung ke bersosial media sekaligus cocok bagi anda yang ingin hijrah dari feature phone dan berencana menjajal menariknya sebuah smartphone. Untuk lebih lengkapnya, kebetulan saya sudah pernah membahas Moto C secara lebih mendalam pada beberapa waktu yang lalu di sini.

Moto E4 dan Moto E4 Plus

Berlanjut ke segmen berikutnya, adalah Motorola seri E. Jika pada segmen sebelumnya di seri C ponsel tersebut hanya akan menyajikan fitur-fitur standar, di seri E yang dihuni Moto E dan Moto E Plus ini, spesifikasi yang dihadirkan akan sedikit lebih mumpuni hampir di seluruh aspek meski dengan nilai jual yang tetap terjangkau. Diantaranya adalah kamera dengan resolusi yang membaik, penggunaan prosesor dengan daya lebih kuat dan efisien, hingga penggunaan material bodi yang lebih kokoh. Jika dilihat dari gambar, Moto E generasi keempat akan dilengkapi dengan layar HD 5 inci dengan sudut-sudut 2,5D untuk varian reguler, serta 5,5 inci HD untuk varian Plus. Tak hanya itu, varian Plus pun dibuat lebih bergairah dengan adanya baterai berkapasitas 5000mAh.

Moto G5S dan Moto G5S+

Di segmen “Unlimited Premium”, kita akan melihat ponsel Moto seri G bercokol di sana. Pada awalnya Moto seri G adalah ponsel dengan spesifikasi pertengahan dengan harga yang murah. Namun, dengan melihat ponsel Moto seri G yang berada di tingkatan yang sama dengan kata premium cukup membuat saya terkejut. Alhasil, segmen yang akan diisi oleh Moto GS dan Moto GS+ (akan punya nama Moto G5S dan Moto G5S+, menurut Evan Blass) ini akan dibekali dengan sejumlah fitur-fitur premium. Layar dengan resolusi Full HD yang masing-masing berdimensi 5,2 inci untuk G5S dan 5,5 inci di G5S+ sudah sewajibnya jadi standar. Keduanya akan berjubah metal untuk melindungi jeroannya, namun Moto G5S+ akan mendapat fitur kekinian yakni adanya fitur dual camera.

Moto X4

Moto seri X, sesuai kodratnya akan berada di atas seri G. Dengan mengandalkan Moto X4, Motorola sepertinya mencoba membangkitkan lagi seri Moto X yang tahun lalu sempat tak rilis. Jika menilik gambar di atas, ponsel yang menyasar segmen berjuluk “Unlimited Perfection” ini akan punya bodi layar dengan dimensi yang cukup kompak yakni 5,2 inci dengan resolusi maksimal Full HD 1080p. Lalu di sektor desain Moto X4 akan mengaplikasikan desain bodi bermaterialkan kaca dengan kontur 3D. Masih belum jelas apa yang dimaksud Motorola di sini, entah sudut-sudutnya melengkung seperti beberapa jajaran Samsung Galaxy Edge atau sekedar menggunakan jenis lapisan 2,5D saja. Moto X4 juga akan punya fitur berjuluk “Smart Cam” yang lagi-lagi saya tak tahu secara jelas seperti apa detilnya. Lalu apakah hanya itu? Tidak, dikarenakan Moto X4 juga sempat bocor maka ada beberapa poin lagi yang terungkap dan jika anda tertarik anda bisa membacanya di sini.

Moto Z2 Play & Moto Z2 Force

Ini adalah seri ultimate dari Motorola yang akan hadir tahun ini. Dengan menggabungkan inovasi mereka MotoMODS dengan spesifiki mumpuni paling mutakhir, kita akan menjadi saksi lahirnya Moto Z2 Play dan Moto Z2 Force yang akan mengisi segmen flagship bertajuk “Unlimited Capabilities”. Sama sekali tak mengherankan jika Motorola memilih nama ini, karena ini juga berhubungan dengan MotoMODS yang jumlahnya semakin hari semakin banyak dengan fungsionalitas yang beragam. Tentu ini adalah salah satu nilai tambah tersendiri yang tak dimiliki ponsel lain. Moto Z2 Play sebelumnya sudah pernah saya bahas di artikel ini, untuk Moto Z2 Force, nampaknya akan mendapatkan beberapa peningkatan dengan menggunakan SoC dari Qualcomm meski belum bisa dikonfirmasi kebenarannya. Moto Z2 Force juga tertulis akan punya layar khas Motorola dengan perlindungan Shattershield yang sangat kuat terhadap berbagai macam tekanan. Di kolom spesifikasi singkat juga tertulis “1Gb LTE” yang mengindikasikan ponsel kelas atas ini akan dibekali modem konektivitas yang teramat kencang.