M5c, Ponsel “Sejuta Umat” dari Meizu

May 23, 2017

by — Posted in Berita

Perdana, ponsel Meizu yang khusus untuk pasar di luar Tiongkok.

Meizu merilis ponsel budget anyar yang punya tujuan khusus, fokus di luar tanah airnya. Jika sebelumnya pabrikan asal Guangdong, Tiongkok ini kerap meresmikan produknya dengan fokus awal negerinya sendiri, kali ini berbeda. Meizu kembali merilis produk baru, dan untuk pasar luar negeri. Ini adalah kali pertama Meizu melakukan manuver sejenis.

Bernama M5c, ponsel ini nantinya akan diperdagangkan di beberapa negara yang sebelumnya sudah disinggahi oleh Meizu seperti India, Bangladesh dan beberapa negara di Eropa dan sebagian di Asia Tenggara. Jika menilik dari tampangnya, Meizu M5c bisa dikategorikan sebagai ponsel entry-level. Sekujur bodi Meizu M5c dibalut dengan bahan plastik polikarbonat yang tidak diperuntukkan untuk hasilkan kesan mewah. Lebih ke arah fungsional memang, apalagi desain khas Meizu dengan sudut-sudut membulat yang melekat di M5c menambah citranya sebagai ponsel yang mengedepankan fungsi ketimbang estetika. Satu yang bikin penasaran, adanya fitur artificial intelligence (AI) terdedikasi racikan sang perusahaan bernama OneMind. Nampaknya fitur-fitur seperti ini sedang marak ya.

Ke sektor teknikal yang berisikan angka, M5c dibekali dapur pacu prosesor empat inti MediaTek MT6737 dengan sokongan grafis Mali-T720. Dengan RAM dan ROM berukuran 2GB dan 16GB yang bisa diekspansi menggunakan kartu microSD hingga 128GB, fitur-fitur esensial dalam menjalankan aneka aplikasi di atas kertas mampu dilalui tanpa kendala. Untuk piranti mengabadikan momen, M5c mengandalkan sensor kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel, sementara bagi yang gemar berswafoto akan dipuaskan dengan sensor sebesar 5 megapiksel. Bagaimana jika ingin merekam video? M5c menghadirkan fitur rekam video slow-motion dengan resolusi maksimal 720p. Sementara hasilnya akan mampu ditampilkan di layar HD seluas 5 inci.

Untuk menopang seluruh kegiatan di atas, Meizu menyematkan baterai berkapasitas yang tergolong standar di kelasnya, sebesar 3000mAh. Sayangnya, hingga kini Meizu tidak merinci kapan M5c akan tersedia secara luas di pasaran. Mereka bahkan enggan menyebutkan banderol harga dari jagoan barunya itu. Meski demikian, apabila dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, Meizu tampak akan menempatkan produknya di kisaran angka 1,5-2 jutaan, jika ingin ciptakan persaingan seru dengan kompetitor lain seperti Xiaomi Redmi 4A atau ASUS Zenfone Live. Tertarik? Mari kita tunggu kehadirannya secara resmi di tanah air.

Spesifikasi Meizu M5c:

Layar: 5 inci HD 720p
Dimensi (T) / Bobot: 8.3mm / – g
Konektivitas: 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth, dual Nano-SIM slots, 3.5mm audio jack
Prosesor & Memori: MediaTek MT6737 / RAM 2 GB / ROM 16 GB, ekspansi via Micro SD (hybrid)
Kamera: belakang: 8 MP, f/2.0, single LED flash / depan: 5 MP
Fitur: OneMind AI
Baterai: 3000mAh
Warna: Black, Gold, Pink, Blue, Red