Moto X4, Sang Sekuel yang Dinanti

May 13, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Setelah tahun lalu absen, ponsel Motorola seri X akan berlanjut tahun ini.

Teka-teki nasib lanjutan generasi terbaru dari Motorola Moto X agaknya mulai menemukan titik terang. Ketika tahun lalu Motorola (Lenovo) terkesan menganaktirikan seri ini karena fokusnya untuk Moto Z, tahun ini Moto X siap kembali.

Moto X4. Kredit: @evleaks.

Pada awalnya terdengar kabar bahwa ponsel rilisan ini akan dinamakan Moto X 2017. Kemudian hal itu seakan dibantah dengan adanya pernyataan dari sang pembocor ulung, @evleaks yang melalui akunnya berkata bahwa nama akhir dari ponsel ini adalah Moto X4.

Prototipe Moto X4. Kredit: Jerry Yin (Google+).

Jika kita sedikit menengok kembali ke masa lampau, Moto X merupakan ponsel bersejarah bagi Motorola. Pasalnya Moto X generasi pertama merupakan ponsel hasil kolaborasi pertama Motorola ketika mereka dibeli oleh perusahaan mesin pencari, Google. Racikan antar keduanya boleh dibilang sebagai titik awal bangkitnya Motorola di industri ponsel dunia. Motorola Moto X kala itu tampil dengan gaya baru, bahasa desain baru yang membulat, serta disusupi sejumlah teknologi yang tak umum dimasanya, misal dengan adanya sarana pemrosesan terdedikasi untuk menyajikan fitur tambahan seperti Active Display dan Touchless Control. Disamping itu, Moto X memang diciptakan dengan tujuan utama menghadirkan fungsionalitas unggulan meski dengan spesifikasi yang bisa dibilang bukan yang paling tinggi, namun ini justru berdampak pada banderol harganya yang sedikit lebih murah ketimbang kompetitor. Prinsip ini berlanjut hingga ke generasi demi generasi berikutnya. Hal yang sama pun sangat mungkin akan diterapkan ke Moto X generasi keempat ini.

Berbicara masalah spesifikasi, sektor ini sebenarnya sudah sering terkuak di beberapa kesempatan. Salah satunya adalah bocornya sebuah video presentasi untuk internal yang tersebar di dunia maya.

Di video tersebut secara jelas tertulis bahwa Moto X4 nanti akan memiliki bodi berbahan metal dan pada bagian depan akan ditemui panel kaca 3D (yang sepertinya ini hanyalah bahasa pemasaran untuk layar dengan kontur 2,5D). Kemudian ada juga fitur Smart Camera, saya belum mengetahui pasti bagaimana cara kerja dari fitur ini, yang jelas jika kita perhatikan video di atas secara seksama, maka konfigurasi kamera ganda di belakang pada Moto X4 terlihat sangat nyata. Berlanjut lagi, Moto X4 nampaknya juga akan punya perlindungan anti air dan debu dengan sertifikasi IP68. Serta tak ketinggalan adanya fitur Turbo Charging yang membuat pengisian baterai ponsel menjadi lebih cepat. Hal yang menarik justru adalah adanya kata-kata AI Integration & Always on Voice. Entah apa yang tengah disiapkan Motorola dari fitur ini, apakah merancang fitur seperti Bixby pada Samsung atau mengoptimalisasi AI bikinan Google yakni Google Assistant. AI ini sepertinya juga akan secara langsung terintegrasi dengan fitur Always on Voice yang akan diboyongnya.

Segudang fitur dari Moto X4 ini memang patut membuat kita penasaran, sayangnya Motorola belum mau membuka mulut terkait sang sekuel dari seri X teranyar.

Sumber: (1), (2), (3)