Qualcomm Siapkan Snapdragon 845 untuk Ponsel Flagship Tahun Depan

May 8, 2017

by — Posted in Rumor

Snapdragon 845 diyakini akan memperkuat jajaran smartphone kelas atas teranyar mulai tahun depan.

Meski penyebaran Snapdragon 835 belum merata untuk diaplikasikan ke beragam ponsel baru tahun ini, ternyata Qualcomm sudah mulai merancang suksesornya. SDM845, begitu yang sempat tertampil di situs resmi mereka sebelum akhirnya ditarik kembali dari peredaran.

SDM845. Kredit: wccftech.

Menurut beragam laporan, SDM845 adalah nama lain dari Snapdragon 845, masuk akal memang jika dilihat dari nomenklaturnya. Meski demikian, tidak banyak informasi lain yang bisa diketahui dari gambar di atas. Belum diketahui bagaimana desain yang akan diterapkan Qualcomm untuk platform terbarunya ini, entah jenis core yang digunakan, proses fabrikasinya berapa hingga asumsi peningkatan performa dan efisiensi dibandingkan platform sebelumnya.

Hal ini juga berlaku terhadap siapa rekanan yang akan memproduksi platform ini, bisa TSMC atau tetap dengan Samsung yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan Qualcomm untuk menggarap platform Snapdragon 835. Tentu hal ini akan membuat penasaran banyak khalayak dan ingin segera tahu lebih banyak. Terlebih sebuah SoC atau system-on-chip merupakan sektor vital dalam sebuah perangkat pintar. Mari kita tunggu perkembangan yang terjadi dalam beberapa bulan ke depan.