Rekaan Moto G5s dan Moto G5s+ Terlihat Jelas

May 24, 2017

by — Posted in Rumor

Keduanya akan mendapat beberapa perubahan pada sisi desain dan spesifikasi.

Belum genap setengah tahun pasca perilisan seri Moto G5, Lenovo sudah siapkan penyegaran untuk seri terlaris dari pabrikan berlogo “M” ini. Sebelumnya sudah sempat tersiar kabar melalui sebuah bocoran lengkap deretan ponsel Motorola di tahun 2017 dari @evleaks, yang salah duanya memperlihatkan sosok suksesor dari ponsel mid-range Motorola ini.

Motorola 2017. Kredit: @evleaks.

Rasa penasaran pun muncul, dan saya pribadi mempertanyakan apa yang akan dilakukan Motorola (Lenovo) dengan nasib Moto G5 dan Moto G5 Plus yang masih seumur jagung. Merilis suksesor sebuah ponsel dalam waktu kurang dari enam bulan tentu merupakan sikap dari adanya hal yang tidak beres yang dihasilkan oleh pendahulunya. Bisa jadi penjualannya buruk, atau spesifikasi yang dibenamkan kurang greget, atau suatu hal yang lain. Tapi menurut saya, Moto G5 dan Moto G5 Plus sama sekali tidak bisa dibilang ponsel yang jelek. Bahkan mungkin jauh dari kata buruk, setidaknya dari ulasan-ulasan yang banyak terpapar di internet. Kemungkinan lainnya, Motorola menyiapkan kedua penerus Moto G5 dan Moto G5 Plus bukan untuk waktu dekat ini, namun apesnya sudah bocor duluan. Entahlah… bisa jadi seperti itu.

Alhasil, tak cukup dari bocoran roadmap di atas, detil yang lebih jelas mengenai suksesor kedua ponsel ini pun bermunculan. Ponsel yang kelak berjuluk Moto G5s dan Moto G5s Plus itu berpose secara jelas. Keduanya datang dari dua sumber berbeda, Android Authority dan MySmartPrice. Meski kedua sumber kompak tak saling beberkan spesifikasi teknikal secara mendetil, setidaknya apa yang kita lihat nanti adalah tampilan nyata kedua perangkat Motorola di masa yang akan datang.

Moto G5s. (Gambar: Android Authority)

Dimulai dari Moto G5s, seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, gambar bersumber dari sebuah media teknologi asal AS, Android Authority. Moto G5s terlihat tampil dengan jubah baru, jika pada Moto G5 ia berpadu metal untuk cover belakang dan plastik untuk bingkainya, pada G5s penampilannya akan didominasi oleh bahan metal. Ditambah dengan garis antena baru yang seakan menguatkan asumsi tersebut. Lebih lanjut, pada bagian depan, akan ditemukan lampu kilat LED sebagai pendukung kegiatan swafoto di kondisi remang-remang. Ponsel yang disebut akan punya tiga opsi warna: abu-abu, emas dan biru ini jika kita kembali melihat bocoran roadmap di atas, akan terlihat mengusung layar berdimensi 5,2 inci dengan resolusi Full HD 1080p, sedikit lebih kompak dibanding saudaranya nanti.

Moto G5s+. (Gambar: MySmartPrice)

Menyinggung ke saudaranya yang lebih bongsor, Moto G5s+ punya layar seluas 5,5 inci dengan resolusi yang sama, Full HD 1080. Moto G5s+ secara tampilan sebenarnya memiliki persamaan dengan saudaranya. Sama-sama berbahan metal unibody, dan memiliki lampu kilat LED di depan. Bedanya, perangkat ini akan dibekali dua kamera belakang. Jika berbicara masalah teknikal, sebetulnya tak banyak yang bisa dijabarkan mengingat MySmartprice pun tidak merinci tentang hal yang dimaksud. Mereka hanya menyebut bahwa ponsel dengan pilihan warna emas, perak dan abu-abu ini bakal punya prosesor 64-bit delapan inti dengan sistem Android 7.0 Nougat. Tapi jika diperhatikan lebih seksama, ponsel ini sangat mirip seperti yang dirumorkan sebagai Moto X 2017 beberapa waktu silam melalui sebuah gosip di artikel ini. Jika hal tersebut benar dan cocok, maka bisa diasumsikan Moto G5s+ akan punya tambahan informasi spesifikasi sebagai berikut: Snapdragon 625, RAM 3GB/4GB, dan sensor kamera 13 megapiksel.

Sumber: (1), (2)