Rumor: OnePlus 5

May 4, 2017

by — Posted in Rumor

OnePlus 3 menuai banyak pujian setelah dirilis hampir 9 bulan yang lalu, kemudian diikuti oleh kiprah OnePlus 3T yang menghasilkan impresi yang tak kalah positifnya. Di tahun 2017, OnePlus tentu tengah merancang suksesornya yang sudah dinantikan banyak orang. Seperti apa penampilan dan perubahan dari sang  flagship killer ini nanti?

Nama

OnePlus A5000. Kredit: @rquandt/WinFuture

OnePlus mungkin akan menamai produk barunya OnePlus 5. Kemungkinan ini ditarik dari sebuah data yang muncul pada situs MIIT di Tiongkok bahwa OnePlus telah mendaftarkan sebuah produk baru dengan nama “OnePlus A5000”. Jika kita sedikit melihat ke belakang, produk dengan nomor model “Axxxx” identik sebagai produk ponsel pintar racikan OnePlus. Sebagai contoh, OnePlus 3 punya nomor model A3000. Susunan ini bisa dijabarkan, huruf “A” menandakan lini utama atau flagship ponsel OnePlus (huruf E pernah digunakan untuk OnePlus X). Sementara angka “3” memiliki makna bahwa ini adalah seri ketiga ponsel rilisan OnePlus. Angka “0” di tengah tak menandakan apapun. Sementara angka “0” selanjutnya memungkinkan adanya iterasi peningkatan minor pada produk yang sebelumnya sudah ada (terjadi di OnePlus 3T, dengan nomor model A3010). Pada angka “0” terakhir mencirikan perbedaan versi tergantung regional (sebagai contoh angka 0 untuk regional Tiongkok). Jika disusun, maka OnePlus A3000 akan menghasilkan kalimat seperti ini: OnePlus flagship seri ketiga untuk regional Tiongkok.

Setelah penjelasan di atas, bisa ditebak bahwa OnePlus A5000 adalah nomor model dari OnePlus 5. Lalu kenapa tidak ada OnePlus 4? Jawabannya ternyata simpel, beberapa kalangan masyarakat di Tiongkok berpendapat bahwa angka empat merupakan angka yang membawa kesialan atau keburukan. Itulah kenapa beberapa produk yang lahir di Tiongkok cenderung melompati angka ini. Sebagai contoh Meizu M3 punya suksesor dengan nama Meizu M5 tanpa menghadirkan Meizu M4 terlebih dahulu.

Spesifikasi

OnePlus disinyalir akan membawa beberapa teknologi terkini untuk disematkan ke dalam OnePlus 5. Namun ada baiknya bagi Anda, khususnya yang menantikan produk ini tidak berekspektasi terlalu tinggi apalagi jika Anda sampai mengilhami rumor liar yang beredar sebagai sesuatu yang nyata. Apa pasal? Akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan rumor OnePlus 5 yang memiliki spesifikasi jauh melebihi realita, berbagai macam rumor hingga konsep dengan desain nyeleneh dengan bezel ultra-tipis, baterai ekstra jumbo, sensor sidik jari di bawah panel layar, dan sebagainya. Memang hal-hal tersebut bisa diaplikasikan, tapi OnePlus yang notabene merupakan perusahaan baru dan memiliki konsep produk berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau akan lebih mengutamakan hal lain yang lebih penting dan benar-benar dibutuhkan calon pengguna. Oleh karena itu, saya cenderung berpikir bahwa OnePlus 5 adalah sebatas penyegaran produk-produk OnePlus sebelumnya dengan mengimplementasikan tren yang ada. Pemakaian SoC atau system-on-chip yang lebih mutakhir, implementasi kamera belakang ganda, terdengar lebih masuk akal.

Perkiraan Oppo R11. Kredit: Sohu

Mari sedikit lebih detil, OnePlus 5 mungkin akan punya jantung pacu baru dari Qualcomm dengan tipe Snapdragon 835. Ia akan punya layar 1080p dengan jenis panel layar AMOLED yang mungkin masih sama dengan panel layar di OnePlus 3/3T. Di sektor desain, OnePlus 5 dirumorkan memiliki tampilan yang sedikit kurang akan mirip dengan Oppo R11, berbentuk candy bar dengan sisi-sisi yang membulat. Hal ini terjadi karena ada indikasi kedua ponsel memiliki basis yang sama. Di belakang akan hadir dua buah kamera dengan resolusi yang belum diketahui, kemungkinan 16 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Bergeser sedikit akan terdapat lampu kilat berjenis LED. Mengenai material yang digunakan, OnePlus 5 kemungkinan masih akan mengandalkan material alumunium yang sama seperti pendahulunya, namun tidak menutup kemungkinan juga penggunaan material lain seperti keramik untuk model edisi terbatas.

Ketersediaan & Harga

OnePlus mungkin akan merilis OnePlus 5 di akhir Juni, bulan yang sama seperti pendahulunya, OnePlus 3. Mengenai harga, sepertinya akan ada kenaikan mengingat adanya beberapa peningkatan yang sudah disebutkan tadi. OnePlus 5 bisa jadi akan dijual di rentang harga 2600 hingga 3000-an yuan tergantung konfigurasi atau jika dikonversi ke rupiah menjadi sekitar lima hingga enam jutaan rupiah.

UPDATE #1 (7/5/2017)

Sosok nyata OnePlus 5 sepertinya mulai menampakkan diri. Hal ini terlihat sesaat setelah Carl Pei, yang merupakan salah satu co-founder dari OnePlus menyiarkan stories pada akun Instagram pribadinya. Benda yang diduga merupakan purwarupa OnePlus 5 ditemukan oleh seorang pengguna Twitter bermata elang, Suhant Mehta (@LifeOfSM). Ia sempat mengambil tangkapan layar terhadap sesuatu yang diyakininya sebagai OnePlus 5.

Jika dilihat, gambar di atas memang terlihat kabur dan kurang begitu jelas. Ditambah dengan penampilan berkamuflase berat khas ponsel-ponsel yang selayaknya masih berada dalam tahap purwarupa, praktis sangat sedikit informasi yang dapat digali. Namun jika gambar di atas kita lihat secara seksama ternyata ada sesuatu yang bisa dijadikan sebuah asumsi, ponsel yang sedang digenggam Carl Pei mempunyai konfigurasi kamera belakang ganda. Ini seakan menguatkan rumor yang sebelumnya tersiar.

UPDATE #2 (9/5/2017)

Salah satu hal yang ditunggu dari OnePlus 5 tentu dari segi dapur pacu, tidak mengherankan memang terlebih beberapa ponsel OnePlus sebelumnya memiliki performa yang superior jika dikaitkan dengan rasio harganya. Sore ini muncul sebuah screenshot hasil benchmark aplikasi Geekbench yang diyakini adalah milik OnePlus 5.

Dilansir GSMArena, perangkat yang diklaim adalah OnePlus 5 ini terlihat mencetak skor yang fantastis baik dari sisi single core maupun multi core. Skor multi core OnePlus 5 membuat posisinya berada setingkat di atas ponsel flagship Samsung saat ini yakni Galaxy S8+ yang memperoleh nilai 6375 (multi core). Sedangkan skor single core berada sedikit di bawah Samsung Galaxy S8+ yang mencetak angka 1978. Dari screenshot di atas juga terlihat bahwa ponsel dengan nomor model ONEPLUS A5000 sudah berjalan di sistem operasi rilisan teranyar dari Google, Android 7.1.1 Nougat. Meski belum bisa dikonfirmasi apakah OnePlus 5 benar akan menggunakan platform Snapdragon 835 terbaru, setidaknya update ini menegaskan bahwa OnePlus 5 akan memiliki performa kencang seperti saudara tuanya.

UPDATE #3 (15/5/2017)

Mendekati perilisan sebuah produk, sudah sangat wajar jika kita tak jarang melihat arus informasi terhadap produk tersebut yang meningkat pesat. Tak terkecuali untuk produk andalan OnePlus di masa mendatang, OnePlus 5. Tak mau kalah dengan Geekbench yang sebelumnya mengungkap secuil informasi tentang jeroan OnePlus 5, kali ini giliran AnTuTu tools benchmark asal Tiongkok yang ikut andil.

OnePlus 5 AnTuTu. Sumber: weibo/antutupingce

Hasil AnTuTu ini semakin menguatkan bahwa OnePlus 5 akan dibekali spesifikasi menawan. Snapdragon 835, sistem operasi teranyar Android 7.1.1 Nougat, serta kamera belakang ganda yang masing-masing beresolusi 16 MP. Di sektor penyimpanan ia akan dimuati RAM dengan besaran 6GB bersanding dengan penyimpanan internal 64GB. Sedikit banyak mirip dengan pendahulunya, OnePlus 5 juga masih setia dengan layar beresolusi Full HD 1080p, meski belum bisa dipastikan apakah memakai jenis panel yang sama dengan OnePlus 3.

UPDATE #4 (22/5/2017)

Sebuah penemuan baru mengenai OnePlus 5 menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki kecepatan lebih tinggi bahkan dibanding beberapa ponsel flagship Samsung Galaxy S8 dan Google Pixel XL dalam hal membuka suatu aplikasi tertentu. Dikabarkan oleh techradar, sejumlah pengujian dilakukan dengan memilih beberapa aplikasi dan game seperti Facebook, Gmail, serta Asphalt 8: Airborne untuk diukur waktu pembukaan aplikasi pada tiap ponsel. Hasilnya, OnePlus 5 mencatatkan waktu relatif lebih singkat dibanding kedua pesaingnya. Bahkan secara keseluruhan, OnePlus 5 unggul hampir diseluruh jenis aplikasi yang diujikan. Ponsel yang hingga kini masih misterius ini cuma kalah di dua jenis aplikasi, Google dan Youtube yang keduanya dimenangkan oleh Google Pixel XL. Berikut adalah hasil pengujian lebih lengkap yang tersaji dalam tabel:

Hasil pengujian OnePlus 5. (Gambar: techradar)

Jika dikaitkan dengan beberapa informasi sebelumnya, hasil ini cukup wajar bila terjadi. Sebab, jika kita menilik ke beberapa ponsel OnePlus yang sudah beredar, optimalisasi yang diracik oleh tim OnePlus memang dirasa sangat superior. Ditambah dengan penggunaan antarmuka yang ringan mendekati stock, sudah sepantasnya OnePlus 5 suguhkan performa gemilang. Apalagi didukung dengan rumor pada update keempat yang menyatakan bahwa OnePlus 5 hanya akan dibekali dengan layar beresolusi maksimal 1080p (FHD). Teori ini membuat OnePlus 5 secara di atas kertas mampu mengeksekusi berbagai aplikasi lebih cepat dikarenakan proses render yang lebih ringan jika dibandingkan dengan ponsel beresolusi 1440p (QHD) yang disuguhkan kedua penantangnya.

UPDATE #5 (3/6/2017)

Setelah lama tak memperbarui artikel ini karena simpang-siurnya informasi yang tersiar mengenai perangkat terbaru OnePlus, OnePlus 5 atau dikodekan dengan ONEPLUS A5000, malam ini sebuah informasi segar masuk ke meja redaksi. Kali ini membahas tentang elemen-elemen yang nantinya akan diboyong OnePlus 5 ke hadapan publik, keduanya berkonsentrasi pada sektor desain dan kamera. Berikut adalah detil baru mengenai OnePlus 5:

  • Desain mirip Oppo R11
  • Dimensi lebih tipis ketimbang OnePlus 3/3T
  • Desain antena baru
  • Dua kamera belakang dengan lensa wide: f/1.7 & tele: f/2.6, kemampuan optical zoom 2x.
Oppo R11.

UPDATE #6 (7/6/2017)

OnePlus 5. (Gambar: Android Police)

Tada! Inilah wujud OnePlus 5 yang sesungguhnya. Seakan mengiyakan rumor-rumor sebelumnya, wujud OnePlus 5 akhirnya terungkap secara jelas. Eksklusif melalui artikel teranyar dari Android Police, kita dapat melihat OnePlus 5 dalam bentuk yang begitu mirip dengan saudara jauhnya Oppo R11, dengan posisi kamera ganda di belakang pada ujung kiri atas bodi ponsel ditemani lampu kilat LED di sebelah kiri mengapit sebuah secondary mic yang posisinya tepat sejajar di tengah. Sudut-sudutnya pun terlihat jadi lebih membulat jika dibandingkan dengan OnePlus 3/3T, yang sekali lagi menguatkan bahwa ada persamaan mencolok antara OnePlus 5 dan Oppo R11 di sisi desain. Bocoran yang tertampil dalam warna hitam ini juga menunjukkan wallpaper yang sempat bocor beberapa waktu yang lalu.

OnePlus 5 sendiri dikonfirmasi akan meluncur pada 20 Juni mendatang, pernyataan ini bahkan datang dari sang CEO perusahaan, Pete Lau yang memposting cuitan pada akun Twitter pribadinya, @petelau2007 perihal jadwal kehadiran sang flagship.

Sumber: (1), (2), (3), (4), (5)