Tiga Varian Zenfone 4 Tengah Diramu ASUS

May 12, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Ketiga jenis Zenfone 4 akan menyasar ke segmen berbeda.

Sudah tidak asing lagi jika sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dalam bidang consumer electronics menelurkan generasi terbaru produknya dalam kurun waktu tertentu. Tak terkecuali untuk ASUS, perusahaan asal Taiwan ini juga sedang menyiapkan generasi terbaru Zenfone untuk 2017.

Di tahun ini ASUS besar kemungkinan akan menamakan deretan Zenfone teranyar dengan nama Zenfone 4, sedikit dejavu memang, mengingat pada awal 2012 lalu nama Zenfone 4 sendiri sudah pernah digunakan. Namun, apalah arti sebuah nama, mari kita lekas berfokus ke Zenfone 4 2017 saja. Nama Zenfone 4 sebenarnya pertama kali terkuak saat ASUS secara tidak sengaja memasukkan nama ponsel baru ke daftar produk ponselnya dengan nama Zenfone 4 Max (ZC554KL). Hal ini tentu saja mengindikasikan bahwa nama Zenfone 4-akan menjadi dasar penamaan beberapa produk ponsel ASUS yang lain. Berselang beberapa hari, ASUS seakan memperkuat asumsi itu dengan mengunggah sebuah dokumen konferensi investor di laman resminya. Beberapa poin dalam dokumen tersebut menyatakan bahwa ASUS akan meluncurkan Zenfone 4 adalah benar adanya. Lalu jika kita cermati lebih dalam, ASUS rupanya menyiapkan kurang lebih tiga varian Zenfone 4. Mari kita bahas satu persatu.

Zenfone 4 Max

Zenfone 4 Max.

Dalam isi dokumen ASUS tadi, nama pertama yang muncul adalah Zenfone 4 Max. Ponsel ini berada pada segmen yang dinamakan “Empowering Luxury for Everyone”, jika dapat diartikan secara sederhana nampaknya segmen ini akan menghadirkan ponsel dengan spesifikasi baik namun dengan banderol yang terjangkau. Apabila melihat sederet ponsel yang terpampang di sisi kiri Zenfone 4 Max, pernyataan tadi bisa dibenarkan. Karena Zenfone 3 Max dan Zenfone Live memiliki rentang harga di dua hingga tiga jutaan. Lalu bagaimana spesifikasinya? Sayang sekali ASUS tidak merinci apa saja yang terkandung di dalam Zenfone 4 Max secara detil. Namun jika gambar di atas diperhatikan lagi, ASUS Zenfone 4 Max terlihat memboyong konfigurasi kamera ganda di belakang, serta berpindahnya sensor sidik jari ke bagian depan.

Zenfone 4

Zenfone 4.

Zenfone 4 secara hirarki adalah pewaris kesuksesan Zenfone 3. Zenfone 3 sendiri sebenarnya masih dibagi menjadi beberapa varian: Zenfone 3 5,2 inci (ZE520KL), Zenfone 3 5,5 inci (ZE552KL) dan Zenfone 3 Zoom (ZE553KL). Jika nanti pada akhirnya Zenfone 4 memiliki nomor model ZE554KL, saya sama sekali tidak terkejut. Namun, yang masih membuat penasaran tentu adalah bentuk dan spesifikasinya. Karena kali ini ASUS tidak seperti pada Zenfone 4 Max yang tersemat gambarnya, tidak berbaik hati untuk berbagi bagaimana rekaan ponsel yang berada pada segmen “Premier Luxury” ini.

Zenfone 4S

Zenfone 4S.

Produk terakhir yang disiapkan ASUS adalah Zenfone 4S yang berada di segmen “Ultimate Luxury”. Segmen ini sekaligus menjadi segmen termewah yang akan ditawarkan. Karena jika dilihat dari produk-produk sebelumnya, Zenfone 4S akan menjadi adik dari Zenfone 3 Deluxe yang notabene memiliki banderol harga cukup tinggi. Dengan ini sudah sepantasnya banyak orang berharap bahwa Zenfone 4S diluncurkan dengan teknologi termutakhir dan paling mumpuni selayaknya ponsel high-end pada umumnya.

Sumber: ASUS