Wujud Nokia 9 Mencuat ke Permukaan

May 20, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Setelah diterpa deretan rumor yang berkepanjangan, sang flagship akhirnya menampakkan diri.

Nokia memang belum lama ini kembali ke bisnis ponsel dengan membawa sejumlah produk anyar. Namun dari sekian banyak ponsel yang diluncurkan, Nokia rupanya masih enggan mencoba peruntungan di kasta tertinggi. Pasalnya, ponsel yang mereka pamerkan di ajang MWC Februari lalu hanya menyasar ke segmen bawah hingga menengah.

Persepsi ini nampaknya akan berubah dalam waktu dekat. Berbarengan dengan tingginya antusiasme para penggemar yang ingin agar Nokia bermain di kelas flagship, Nokia agaknya punya kejutan dengan menyiapkan Nokia 9. Kabar ini berasal dari sebuah media teknologi asal Prancis, Frandroid. Mereka secara eksklusif mendapat kesempatan untuk menjajal Nokia 9 secara mendetil. Seperti apa sosok sang flagship racikan merk legendaris ini? Mari kita simak bersama.

Desain

Dari segi desain, sayangnya belum banyak bisa disimpulkan apakah Nokia 9 memiliki desain yang menawan atau biasa saja. Hal ini dikarenakan oleh wujudnya yang masih diselimuti dengan kamuflase berat. Sebaliknya, perlengkapan yang dimiliki oleh Nokia 9 justru dapat kita lihat secara jelas. Pertama dengan adanya lubang jack audio 3,5mm yang ada pada sisi atas bodi nampak menjadi sebuah perhatian khusus. Tentu ini
bukan tanpa alasan mengingat beberapa ponsel kelas atas dari beberapa merk mulai meninggalkan fitur esensial ini.

Belanjut ke panel depan, Nokia 9 kurang lebih memiliki susunan yang hampir mirip dengan ponsel Nokia yang lain seperti Nokia 5 dan Nokia 6. Tombol kapasitif yang mampu berpendar kebiruan berjejer rapi memagari sebuah tombol pemindai sidik jari yang nampaknya secara ukuran sedikit lebih besar ketimbang milik Nokia 5 dan Nokia 6.
Setup dua kamera yang sejak awal dirumorkan oleh berbagai pihak hadir di sisi belakang ponsel. Kedua kamera tersebut bercokol di atas housing lonjong ala ponsel Nokia terbaru, ditemani lampu kilat LED dual-tone serta bulatan hitam yang diyakini sebagai sensor fokus berjenis laser. Sementara di bagian bawah terdapat sambungan USB-C dan sebuah loudspeaker. Lalu tombol kontrol volume dan power akan ditemui di sisi kanan ponsel. Selebihnya, sumber memperkirakan bahwa material yang digunakan untuk melindungi bagian dalam ponsel terbuat dari bahan aluminum.

Spesifikasi

Nokia 9 akan punya spesifikasi yang kuat, bisa dikatakan begitu jika kita menilik tampilan aplikasi CPU-Z yang terpampang di layar. Platform Snapdragon 835 akan jadi pemrosesan daya utama, ditemani dengan RAM sebesar 4 GB (terbaca 3,7~ GB) dan memori penyimpanan seluas 64 GB (terbaca 50,57 GB). Spesifikasi mentereng ini juga berlanjut ke sisi layar, Nokia 9 terlihat akan punya layar beresolusi tajam 1440p dengan dimensi seluas 5,3 inci. Frandorid pun menambahkan kualitas yang ditampilkan ponsel ini adalah sangat baik dengan sudut kemiringan yang sangat lebar, kontras yang baik serta kecerahan layar mencapai 530 cd/m2. Nokia 9 juga mampu mengisi daya baterainya dengan cepat berkat adanya dukungan Qualcomm Quick Charge versi 3.0 yang bisa mengeluarkan output hingga 5V/2,5A, 9V/2A atau 12V/1,5A.

Nokia 9 dari CPU-Z. Kredit: Frandroid.

Di segi kamera, Nokia tampak mengandalkan sensor kembar dengan ukuran 13 megapiksel. Kedua sensor bekerja layaknya ponsel flagship Huawei, P10 atau Mate 9 dimana salah satu sensor akan menangkap objek monokrom, sementara sensor lainnya akan menangkap objek berwarna. Sayangnya setelah beberapa saat performanya dijajal oleh tim Frandroid, mereka terkesan tidak puas dengan hasilnya. Detilnya buruk serta kontras yang biasa-biasa saja. Kemungkinan besar hal ini disebabkan karena versi software yang tersemat di ponsel ini masih dalam fase prototipe. Anda bisa melihat hasilnya sendiri pada galeri di bawah ini. (klik untuk memperbesar)

Hingga pada titik ini, apa yang ditawarkan Nokia 9 merupakan sesuatu yang menarik dan pastinya sangat dinanti oleh penggemarnya. Belum ada informasi kapan sang perusahaan asal Finlandia ini untuk melenggangkan Nokia 9, pun dengan harganya yang juga masih jadi rahasia. Yang jelas, spesifikasi yang disuguhkan oleh ponsel ini tentu akan jadi ancaman bagi para kompetitor sekelas macam Samsung Galaxy S8 dan Huawei seri P10.

Sumber: Frandroid