Xiaomi Umumkan Mi Max 2

May 25, 2017

by — Posted in Berita

Ponsel dan tablet menjadi satu.

Hari ini (25/5), Xiaomi resmi mengumumkan gawai terbaru dari seri Mi di Beijing, Tiongkok. Dijuluki Xiaomi Mi Max 2, atau lebih mudah jika disederhanakan menjadi Mi Max 2. Ponsel ini adalah iterasi kedua setelah diluncurkannya Xiaomi Mi Max generasi pertama yang sudah diperkenalkan sejak tahun lalu. Sama seperti pendahulunya, Mi Max 2 juga mewarisi ciri khas ponsel Xiaomi dengan imbuhan kata Max, yakni ukurannya yang terlampau besar untuk dikatakan sebagai sebuah ponsel, kebanyakan orang mungkin akan lebih senang jika menyebut perangkat seperti ini dengan kata phablet, yang merupakan dari gabungan kata phone dan tablet.

Tak ubahnya sebuah phablet, Mi Max 2 menyuguhkan dimensi layar besar yang selaras dengan dimensinya yang bongsor. 6,44 inci adalah angka yang tertulis pada situs resmi Xiaomi ketika menyinggung dimensi layarnya. Layar tersebut dicirikan menggunakan panel layar IPS beresolusi Full HD 1080p, yang mampu menyajikan kualitas kerapatan layar mencapai 342 ppi (pixel-per-inch), cocok untuk mengakomodir kegiatan bermultimedia calon pengguna. Fitur menarik yang turut hadir pada Mi Max generasi kedua ini adalah kemampuan untuk melakukan split screen multitasking. Fitur ini bertujuan agar pengguna dapat melakukan dua hal sekaligus dalam satu tampilan layar. Fitur ini sejatinya sudah hadir secara bawaan di sistem operasi Android Nougat rilisan Google beberapa waktu lalu, sementara Xiaomi baru sempat mengimplementasikan fitur ini pertama kali untuk Xiaomi Mi Max 2. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan?

Berbeda dari Mi Max yang mengandalkan dua pilihan SoC yakni Snapdragon 650 dan Snapdragon 652 yang dikenal punya performa yang baik. Di Mi Max 2, Xiaomi justru mempercayakan SoC hemat daya Snapdragon 625. Dengan pemilihan prosesor yang irit baterai ini, Xiaomi tampak ingin menciptakan kondisi dimana pengguna dapat menikmati konten-konten multimedia yang disuguhkan dari Mi Max 2 untuk penggunaan dalam waktu yang lama. Apalagi, ukuran baterai Mi Max 2 kini membengkak jadi 5300mAh, naik 450mAh dari Mi Max generasi awal. Dengan ukuran baterai sebesar ini, untungnya Xiaomi membekali Mi Max 2 dengan fitur pengisian daya cepat Qualcomm Quick Charge 3.0 yang mampu mengisi baterai hingga 68% hanya dalam kurun waktu satu jam. Masih tentang baterai, Mi Max 2 ternyata bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain dengan fitur reverse charging yang memanfaatkan sambungan USB On-the-Go, teknologi ini hampir mirip dengan apa yang dilakukan ASUS pada beberapa ponsel model Zenfone Max.

Elemen kunci lainnya tak luput dihadirkan  Xiaomi untuk disematkan ke dalam Mi Max 2 adalah piranti fotografi. Xiaomi memadukan kamera bersensor 12 megapiksel Sony IMX386 di belakang. Sensor ini punya fitur dengan ukuran piksel hingga 1,25μm yang diklaim Xiaomi mampu menghasilkan foto yang 56% lebih terang dibanding sensor Samsung ISOCELL yang ada di Mi Max. Sementara di depan, Xiaomi masih mengandalkan sensor kamera yang sama seperti pada Mi Max dengan sensor 5 megapiksel. Kamera belakang ponsel berbalut metal unibody ini sanggup menciptakan video dengan resolusi maksimal Ultra HD atau 4K, namun untuk kamera depan hanya sebatas Full HD 1080p.

Xiaomi akan mulai menjual Mi Max 2 pada 1 Juni mendatang di Tiongkok via online maupun offline. Sementara mengenai harga, Xiaomi mematok harga sebesar 1699 yuan atau sekitar 3,3 jutaan rupiah untuk varian RAM 4 GB dengan ruang penyimpanan sebesar 64 GB, sedangkan untuk varian teratas dengan RAM 4 GB dan internal 128 GB dijual seharga 1999 yuan atau sekitar 3,8 jutaan rupiah.

Spesifikasi Kunci Xiaomi Mi Max 2:

Layar: 6,44 inci IPS FHD 1080p
Dimensi/bobot: 174,1 x 88,7 x 7,6mm / 211g
Konektivitas: 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth, dual SIM, USB Type-C
Prosesor & Memori: Snapdragon 625 / RAM 4 GB / ROM 64/128 GB, ekspansi via Micro SD
Kamera: belakang: 12 MP Sony Exmor RS IMX386, PDAF, dual LED flash / depan: 5 MP
Sistem Operasi: Android 7.1.1 Nougat dengan MIUI 8
Fitur: Split screen multitasking, reverse charging, stereo speaker
Sensor: Accelerometer, Ambient Light, Proximity, E-Compass, Gyroscope, Fingerprint, IR blaster
Baterai: 5300 mAh dengan Qualcomm QC3.0
Warna: Gold