Flagship OnePlus Punya 3 Kamera

June 21, 2017

by — Posted in Berita

OnePlus 5 punya dua kamera di belakang, satu di depan.

Sepertinya sudah tidak ada lagi yang perlu diperdebatkan mengenai ponsel satu ini, desain? Sudah bocor jauh-jauh hari, spesifikasi? Sudah juga. Lalu apa yang menarik disaat bagian dari sebuah produk telah terkuak seutuhnya? Acara peluncurannya? Ya, bisa jadi, acara peluncuran sebuah produk terkadang membawa atmosfer tersendiri, khususnya bagi para penggemar dari merk yang dimaksud. Di samping pada acara tersebut sang CEO sudah pasti memverifikasi seluruh spesifikasi yang sebelumnya sudah diketahui khalayak, ada satu hal lain yakni hype atau sensasi yang timbul. Dengan melihat produk yang dikenalkan secara lebih jelas serta bumbu-bumbu khas bahasa promosi dari salah satu atau beberapa petinggi perusahaan, tentu membuat sebuah acara peluncuran tetap menarik untuk disimak.

OnePlus 5, dua kata yang tak habis-habisnya dielu-elukan di jagad perponselan semenjak beberapa bulan silam, kini akhirnya diperkenalkan secara resmi. Seakan tidak ada yang mengejutkan, kamera belakang ganda, desain yang menurut sebagian orang mirip dengan ponsel A atau ponsel B. Hmm, karena semua itu sudah terjawab, mari kita bahas saja apa yang Carl Pei, co-founder OnePlus dan kolega sampaikan di atas panggung tadi.

Pada agenda kali ini, OnePlus menyebutkan bahwa ada beberapa fokus yang dibidik untuk membuat OnePlus 5 menjadi ponsel rilisan terbaik OnePlus hingga saat ini, mari kita simak satu persatu.

Dimulai dari yang pertama, adalah rancang bangun atau desain dari OnePlus 5 itu sendiri. OnePlus 5 dibangun secara presisi dengan detil-detil yang diperhatikan betul, penempatan tombol-tombol pun dipikirkan secara mendalam agar dapat memberikan feedback yang baik dan tactile. Obsesi terhadap detil menjadi alasan mengapa OnePlus begitu peduli terhadap hal-hal kecil yang ada pada ponsel terbarunya ini. Jika melihat dari penampakan sekilas, akan terlihat OnePlus 5 punya garis antena baru yang dinamakan “Horizon Line” dengan garis-garis yang mengikuti lekuk bagian belakang pada sisi atas dan bawah ponsel. Ketebalan dari OnePlus 5 juga terpangkas menjadi 7,25mm, 0,05mm lebih tipis dibandingkan pendahulunya, OnePlus 3/3T. Kelak, OnePlus 5 akan tersedia hanya dalam dua pilihan warna saja, Midnight Black dan Slate Grey.

Beralih ke fokus kedua yaitu pada sisi fotografi, kamera menjadi salah satu sektor penting dan fokus utama OnePlus dalam pengembangan OnePlus 5. Secara fisik, kita dapat melihat OnePlus 5 memboyong dua modul kamera di sisi belakang, masing-masing adalah 16 megapiksel berjenis IMX398 dengan mode normal/lebar dengan bukaan f/1.7 dan sensor 20 megapiksel IMX350 dengan mode telephoto dengan bukaan f/2.6. OnePlus juga membubuhi begitu banyak fitur baru di sisi kamera OnePlus 5 seperti Fast AF, Dynamic Denoise, dukungan format RAW, Pro dan Potrait Mode hingga mode High Quality (HQ). Fitur-fitur yang dijabarkan tadi merupakan bukti kuat bahwa OnePlus memang serius memasarkan OnePlus 5 sebagai ponsel dengan kamera yang handal.

Berikutnya adalah soal smooth experience, di sini dibahas secara rinci apa saja yang terkandung dibalik logam alumunium dari bodi OnePlus 5. Snapdragon 835 terbaru dipercaya untuk mengisi sektor SoC yang dikombinasikan dengan ukuran RAM jumbo 6GB atau 8GB, diklaim akan memberi pengalaman penggunaan yang lancar jaya. Sementara di sisi akomodasi, OnePlus menyediakan ruang penyimpanan dengan opsi 64GB atau 128GB dengan jenis UFS 2.1 dual lane yang konon mampu memproses data lebih cepat ketimbang pendahulunya, UFS 2.0. Pada baterai, ukurannya sedikit membesar menjadi 3300mAh, kapasitas yang besar ini untungnya didukung dengan pengisian daya cepat khas OnePlus, apalagi kalau bukan Dash Charge.

Software menjadi fokus terakhir yang diperbincangkan pada acara livestream tadi, OnePlus mempercayakan OxygenOS dengan tampilan near stock experience-nya untuk memanjakan para pengguna. Memang tak perlu diragukan kepiawaian OnePlus dalam meracik OxygenOS, demi menghasilkan performa yang begitu prima, mereka tidak menyertakan bloatware yang tidak perlu ke dalam sistem. Meski demikian, OnePlus kali ini menambahkan fitur-fitur baru yang diklaim berguna seperti Reading Mode, Secure Box dan Do-Not-Disturb Gaming Mode untuk menambah kenyamanan dalam pengoperasian ponsel sehari-hari sesuai situasi yang dibutuhkan.

OnePlus 5 akan dibanderol dengan harga $479 untuk varian 6GB/64GB, sementara untuk varian yang lebih tinggi dengan konfigurasi 8GB/128GB dipatok di angka $539. Untuk ketersediannya, OnePlus 5 akan mulai dapat dibeli pada 27 Juni mendatang.

Spesifikasi Kunci OnePlus 5:

Layar: 5,5 inci Optic AMOLED FHD 1080p dengan proteksi 2.5D Corning® Gorilla® Glass 5
Dimensi/bobot: 152.7 x 74.7 x 7.25mm / 153g
Konektivitas: 4G LTE, WiFi 802.11 a/c, Bluetooth 5.0 with BLE, dual nano-SIM, USB Type-C, 3.5mm jack, NFC
Prosesor & Memori: Snapdragon 835 / RAM 6/8 GB LPDDR4x / ROM 64/128 GB UFS 2.1
Kamera: belakang: 20MP IMX350 f/2.6  + 16MP  IMX398 f/1.7 EIS, PDAF+DCAF, dual LED flash / depan: 16 MP IMX371
Sistem Operasi: Android 7.1.1 Nougat dengan OxygenOS
Fitur: Dirac Sound HD, Alert Slider
Sensor: Fingerprint, Hall, Accelerometer, Gyro, Proximity, Ambient Light, E-Compass, Sensor Hub
Baterai: 3300mAh dengan Dash Charge
Warna: Midnight Black, Slate Gray