Honor 9 Unjuk Gigi dengan Kamera Ganda dan Prosesor Bertenaga

June 12, 2017

by — Posted in Berita

Honor 9 merupakan satu lagi produk flagship dari Honor setelah Honor V9.

Honor 9 kini akhirnya diresmikan dan tampak seperti rumor-rumor sebelumnya, hampir keseluruhan detil yang sudah beredar kini sudah bisa dikonfirmasi. Misalnya dari sisi desain sampai jeroannya yang meliputi penggunaan kamera belakang ganda serta prosesor terbaru racikan mereka sendiri, HiSilicon Kirin 960.

Honor 9 memang tampak mirip seperti pendahulunya Honor 9 yang memiliki penampilan dengan balutan kaca 3D di sekujur bodi belakangnya dengan warna utamanya yang dijuluki Coral Blue, meski demikian ada beberapa bagian yang membedakannya dengan saudara tuanya tersebut. Yakni berpindahnya sensor sidik jari ke bagian depan di bawah panel layar, yang mana pada Honor 8 posisinya ada di sebelah belakang bodi. Aksen bodi pada sisi belakang Honor 9 pun punya julukan yang unik yakni “Aurora”. Ini disebabkan karena back cover yang menampilkan kilauan warna berbeda-beda yang ditimbulkan dari penggunaan 15 lapisan warna berbeda.

Peranan penting diemban Kirin 960 untuk melayani seluruh kebutuhan pengguna dalam mengoperasikan ponsel. Secara singkat, Kirin 960 merupakan prosesor teranyar keluaran Huawei yang juga dipakai oleh seri-seri lainnya seperti Mate 9 dan seri P10. Prosesor ini memiliki jumlah inti sebanyak delapan. Per empat inti masing-masing memiliki fungsi berbeda, hal ini dikarenakan Kirin 960 menganut konfigurasi big.LITTLE untuk menyeimbangkan performa dan efisiensi daya. Untuk performa, Kirin 960 disematkan jenis arsitektur Cortex-A73 sebanyak empat inti, sisanya empat inti Cortex-A53 akan dipakai untuk kebutuhan ketahanan baterai yang lebih irit.

Untuk menghasilkan performa yang gemilang, prosesor Kirin 960 akan diduetkan dengan pilihan RAM dengan ukuran empat atau enam gigabyte dan didukung dengan opsi penyimpanan internal 64 GB atau 128 GB. Lantas di sisi layar, Honor 9 rupanya masih mengandalkan unit yang kurang lebih mirip dengan pendahulunya dengan menyajikan layar berdimensi 5,15 inci IPS dengan resolusi Full HD 1080p.

Beralih ke bagian belakang bodi Honor 9 akan ditemukan dua kamera belakang dengan sensor berbeda, satunya 20 megapiksel sedangkan sensor kamera 12 megapiksel bertengger tepat di sebelahnya. Kedua kamera ini mampu melakukan pengambilan gambar yang baik dalam kondisi temaram, setup kamera di belakang juga dapat melakukan zooming optikal hingga 2 kali. Tak kalah, baik kamera depan dan belakang juga dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan mode potrait yang mampu hasilkan efek bokeh.

Fitur-fitur lain yang disajikan Honor 9 adalah baterai berkapasitas 3200mAh, dukungan 3D Hi-Fi audio untuk menghasilkan kualitas keluaran suara yang jernih, serta diaplikasikannya sistem pembayaran instan terbaru dari Huawei yakni Huawei Pay yang sayang jangkauan penggunaannya hanya bisa digunakan di beberapa wilayah Tiongkok saja.

Honor 9 akan segera tersedia di Tiongkok dengan harga yang ditaksir mulai dari 2299 yuan atau sekitar 4,4 jutaan rupiah untuk konfigurasi terendah 4GB+64GB, sedangkan untuk varian 6GB+64GB dibanderol pada angka 2699 yuan atau 5,2 jutaan rupiah, dan varian tertinggi 6GB+128GB di harga 2999 yuan atau mencapai 5,8 jutaan rupiah.

Spesifikasi Kunci Honor 9:

Layar: 5,15 inci IPS FHD 1080p
Dimensi/bobot: 147.3 x 70.9 x 7.45mm / 155g
Konektivitas: 4G LTE, WiFi 802.11 a/c, Bluetooth 4.2 with BLE, dual SIM, USB Type-C
Prosesor & Memori: Kirin 960 / RAM 4/6 GB / ROM 64/128 GB, ekspansi via Micro SD
Kamera: belakang: 20 (B+W) + 12 (color) MP, PDAF, dual LED flash / depan: 5 MP
Sistem Operasi: Android 7.1.1 Nougat dengan EMUI 5.1
Fitur: 3D Hi-Fi, Huawei Pay
Sensor: Accelerometer, Ambient Light, Proximity, E-Compass, Gyroscope, Fingerprint
Baterai: 3200mAh
Warna: Blue, Gold, Black