Akhirnya, Serangkaian Ponsel Baru Nokia Raih Sertifikat TKDN

July 12, 2017

by — Posted in Berita

Tiga ponsel pintar Nokia lolos sekaligus.

Setelah kemarin salah satu perangkat Nokia, Nokia 3 (TA-1032), sempat terpergok tengah hendak melakukan pengujian di situs POSTEL, pada penemuan kali ini, bukan hanya satu melainkan tiga perangkat sekaligus yang terlihat telah lolos dalam uji sertifikasi TKDN. Ketiganya adalah Nokia 6 (TA-1021), Nokia 5 (TA-1053) dan Nokia 3 (TA-1032).

Temuan ini sekaligus menghilangkan keraguan tentang keputusuan Nokia, yang dalam hal ini HMD Global selaku pemegang lisensi untuk membuat ponsel Nokia, dalam rencana ekspansinya ke Indonesia. Karena jika bisa dibilang, memasukkan perangkat elektronik seperti ponsel apalagi yang memiliki konektivitas 4G LTE diharuskan telah memenuhi persyaratan wajib yakni adanya sertifikat TKDN, yang dapat diperoleh dengan beberapa cara misalnya melakukan perakitan di dalam negeri. Tentu ini membuat HMD Global yang bisa dibilang masih berstatus sebagai perusahaan baru, kudu memutar otak agar dapat memenuhi persyaratan-persyaratan itu dengan mulus.

Jika dilihat pada detil sertifikat, rupanya tercetak HMD Global bekerja sama dengan PT. Erajaya Swasembada Tbk, perusahaan yang tak asing lagi dalam menangani beragam merk elektronik khususnya merk produsen ponsel. Dengan ini spekulasi menyeruak bahwa ke depannya ponsel-ponsel Nokia ini akan dirakit dalam negeri di perusahaan manufaktur rekanan Erajaya, dengan kemungkinan yang ditunjuk adalah PT. Sat Nusapersada. Jika pada kenyataannya pernyataan di atas benar, maka seharusnya HMD Global dapat dengan mudah memasarkan produk-produk Nokia terbarunya di tanah air.

Berbicara tentang ketiga ponsel Nokia ini, masing-masing disasarkan untuk bersaing di segmen bawah hingga menengah. Nokia 3 akan mengemban tugas di kelas bawah, ponsel ini memiliki spesifikasi singkat seperti layar 5 inci 720p, prosesor MediaTek MT6737, serta kamera belakang dan depan yang masing-masing berukuran 8 megapiksel dan 8 megapiksel. Sementara untuk Nokia 5, ponsel ini akan berada selevel di atas adiknya. Berbeda dengan Nokia 3 yang didominasi bahan plastik di sekujur bodinya, Nokia 5 telah menggunakan bahan alumunium unibody dengan desain antena yang melengkung mengikuti sisi-sisi bodi atas dan bawah. Spesifikasinya pun juga sedikit lebih baik dengan layar 5,2 inci 720p, prosesor Snapdragon 430, dan kamera 13 megapiksel di belakang, 8 megapiksel di depan. Terakhir, Nokia 6 akan diposisikan di tingkat teratas, meski material yang digunakan sama dengan Nokia 5, Nokia 6 rupanya menawarkan keunggulan lain misalnya layar 5,5 inci dengan resolusi 1080p, kamera belakang 16 megapiksel, dan adanya fitur Dolby Atmos.

Belum ada kabar resmi mengenai kapan HMD Global akan mengenalkan ketiga ponsel ini ke masyarakat tanah air, pun dengan banderol harganya yang tentu saja masih misterius. Yang jelas, tak sekedar nostalgia, diharapkan Nokia lewat HMD Global mampu bersaing melawan gempuran persaingan dari pabrikan lain yang sudah ada di pasar ponsel tanah air.

Sumber: TKDN