Ponsel Flagship Nokia 8 Segera Hadir dengan Snapdragon 835

July 15, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Ponsel kelas atas Nokia ini dikabarkan akan dijual dengan banderol di bawah 600 euro.

Ilustrasi.

Tak terasa, satu lagi ponsel baru Nokia racikan HMD Global akan segera lahir. Tidak seperti sebelumnya yang berfokus di segmen menengah, kali ini HMD Global akan mencoba peruntungannya untuk bermain di segmen high-end. Nokia 8, itu lah namanya, ponsel flagship perdana keluaran Nokia di bawah HMD Global.Informasi ini berasal dari media Jerman, WinFuture, yang mengabarkan bahwa Nokia 8 akan segera datang tak lama lagi, tepatnya pada akhir bulan Juli nanti. Tak hanya jadwal rilis, sumber yang menyampaikan informasi kepada WinFuture juga menambahkan berbagai hal menarik tentang Nokia 8.

Pertama, Nokia 8 yang sedang kita bicarakan ini sebenarnya merupakan ponsel yang kerap diperbincangkan sebelumnya, sayangnya, selama ini banyak yang keliru menafsirkannya sebagai Nokia 9, yang kebetulan juga pernah saya bahas di artikel ini. Ya, Nokia 9 yang sering diperdebatkan di dunia maya pada beberapa waktu terakhir rupanya akan memiliki nama asli Nokia 8. Cukup mengejutkan.

Kedua adalah mengenai spesifikasi dari Nokia 8, sang sumber menuturkan bahwa ponsel ini akan menjadi rilisan Nokia dengan konfigurasi tertinggi sejak berada di bawah kepemilikan HMD Global. Contohnya, penggunaan SoC kelas atas Snapdragon 835 akan ditawarkan menjadi daya tarik utama. Ditambah dengan spesifikasi lainnya macam optimalisasi kamera, ruang memori dan penyimpanan lega, serta material bodi ponsel yang kokoh, meski belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut, agaknya dapat menambah daya saing Nokia 8 melawan flagship keluaran pabrikan rival. Ponsel yang akan memiliki konfigurasi dual-SIM ini diberitakan akan hadir dalam pilihan warna sebanyak empat macam yakni biru, steel yang sepertinya merujuk ke warna perak, perpaduan emas/biru, dan yang terakhir adalah warna perunggu.

Yang terakhir adalah masalah harga, berbekal spesifikasi yang mumpuni tersebut, Nokia 8 tentu saja akan dihargai lebih mahal dari saudara-saudaranya yang sudah lahir lebih dulu. Jika Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 dibanderol di rentang harga dua sampai tiga jutaan rupiah, maka berbeda dengan Nokia 8 yang harganya ditaksir akan menembus sembilan juta rupiah kurang sedikit. Namun sebelum Anda terkejut, angka tersebut merupakan konversi kasar yang berasal dari angka 590 euro, harga itu pun rupanya ditujukan untuk ritel di negara-negara di kawasan Skandinavia yang dikenal memiliki VAT atau pajak yang tinggi.

UPDATE 18/7/2017

Wujud Nokia 8 akhirnya terkuak secara penuh. Melalui cuitan dari Evan Blass, empu dari akun @evleaks, Nokia 8 menampakkan sosok aslinya. Pada awalnya ia hanya menge-tweet-kan sebuah teaser berwujud sebuah tampilan modul kamera ganda sebuah ponsel dengan bubuhan kata Zeiss yang diyakini merupakan milik Nokia 8.

Lantas selang beberapa saat akhirnya pembocor handal tersebut mengunggah tampilan ponsel secara keseluruhan. Dari apa yang tertampil, terlihat jelas bahwa penampilan Nokia 8 memiliki banyak kemiripan dengan ponsel pintar Nokia lain rilisan HMD Global, dengan desain mengkotak dan sisi-sisi yang membulat. Penempatan tombol-tombol baik fisik maupun non-fisik pun sekilas terlihat sama. Yang membedakannya dengan yang lain tentu adanya konfigurasi kamera ganda di belakang, ditambah dengan emblem Zeiss yang terpampang rapi tepat di bawahnya.

Selebihnya, apa yang diberitakan sebelumnya oleh WinFuture terkesan diamini di artikel sematan di laman VentureBeat yang juga ditulis oleh Evan Blass, di mana dikabarkan bahwa Nokia 8 akan hadir di penghujung bulan Juli ini dengan mahar di kisaran angka nyaris 9 juta rupiah.

Sumber: WinFuture, VentureBeat