Rumor: ASUS Zenfone 4 Series

July 28, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

ASUS Zenfone 3 series segera tamat, ASUS Zenfone 4 series jadi lakon berikutnya.

Perhatian: artikel ini mengandung penggalan-penggalan rumor yang belum tentu bisa diakui kebenarannya, pastikan Anda dapat menyikapi isi informasi yang tertulis di artikel ini dengan bijak.

Pendahuluan

Perjalanan ASUS Zenfone seri 3 sudah semakin menuju ke titik akhir, ASUS mau tak mau harus bersiap untuk melanjutkan langkah dengan merilis Zenfone seri berikutnya agar eksistensinya di pasar ponsel pintar tak tergerus oleh para pesaing. Riuh terdengar kabar bahwa ASUS akan segera mengumumkan suksesor Zenfone series di tahun keempatnya, yang jika menurut berita yang kerap diterbitkan oleh kalangan media, ASUS akan menamai  produk ponsel terbaru mereka dengan nama ASUS Zenfone 4. Sekedar menyegarkan ingatan, ASUS ternyata pernah “mendukung” kesahihan rumor tersebut dengan kedapatan membeberkan nama-nama Zenfone 4 terbaru yang bisa Anda lihat di artikel ini. Kini, menjelang peluncurannya, informasi yang tersedia pun semakin melimpah, mulai dari teaser hingga spesifikasi dari calon ponsel-ponsel andalan pabrikan asal Taiwan ini. Agar tidak penasaran, ada baiknya langsung kita bahas saja satu persatu.

Zenfone 4

Nomor kode: ZE554KL / Z01KD / Z01KDA

Perkiraan tampilan Zenfone 4.

Sesuai namanya, Zenfone 4 akan jadi suksesor dari Zenfone 3 (ZE520KL, ZE552KL) yang memiliki nama tanpa embel-embel ekstra. Di Zenfone 4, ASUS mungkin masih tetap menggunakan material kaca sebagai cover pelindung di belakang, pun dengan bingkai metal alumunium juga masih setia menjaga kekokohan bodi ponsel. Namun, ke depannya ASUS tampak akan melakukan beberapa ubahan, misalnya dengan penambahan satu lagi kamera di belakang, yang membuat Zenfone 4 akan memiliki dua buah kamera di belakang. Letak sepasang kamera tersebut akan ditempatkan pada sisi kiri atas bagian belakang ponsel.  Beralih ke depan, kita akan melihat pindahnya sensor sidik jari yang pada Zenfone 3 terletak di belakang. Sensor sidik jari tersebut juga sekaligus berfungsi sebagai tombol home, lantas tombol tersebut diapit oleh dua tombol kapasitif yang sudah dilengkapi dengan backlight atau lampu latar. Jika bisa dikira-kira, Zenfone 4 terlihat akan menyerupai ponsel rilisan dari sub-brand Huawei, yaitu Honor 9.

Terbatas informasi spesifikasi mengenai Zenfone 4 di sini, yang paling mencuat mungkin penggunaan SoC Snapdragon 630 dan Snapdragon 660 yang akan menjejali jeroan sang ponsel, ditambah ukuran RAM sebesar 4 GB hasil temuan dari situs Geekbench. Pun begitu, seri-seri tertentu mana akan yang menggunakan SoC yang dimaksud belum jelas. Sementara untuk ukuran layar tampaknya sudah dijelaskan dengan nama Zenfone 4 sendiri, ZE554KL, di mana angka “55” di tengah menandakan ukuran layarnya yang seluas 5,5 inci.

Zenfone 4 Selfie

Nomor kode: ZD552KL / Z01M

Perkiraan tampilan Zenfone 4 Selfie.

Tipe Selfie pada ASUS Zenfone sebenarnya baru pernah muncul sekali dalam sejarah keberadaan seri Zenfone, yakni pada tahun 2015 dengan julukan ASUS Zenfone Selfie (ZD551KL), kala itu ponsel dengan kemampuan swafoto handal ini mampu menjadi salah satu ponsel terlaris di Indonesia menurut data dari Counterpoint, dengan menempati peringkat ke delapan. Pada Zenfone 4 Selfie nanti, ASUS akan tetap menjaga ramuan tokcer tersebut dengan memasangkan kamera depan dengan spesifikasi yang unggul.

Sebelum membahas spesifikasi, mari kita bahas karakteristik desainnya terlebih dahulu. Pada generasi pertama kita dapat langsung mengidentifikasikan Zenfone Selfie dengan sebutan yang pantas, ini karena terdapat lensa kamera depan berukuran besar yang mencolok, plus adanya lampu kilat LED dengan orientasi vertikal. Lain cerita dengan Zenfone 4 Selfie, yang mana akan mempunyai tampilan yang berubah total. Ponsel ini justru akan terlihat seperti salah satu ponsel besutan perusahaan lain senegaranya, HTC M8/M9. Sebab, material metal akan membalut sekujur bodi ponsel, ditambah dengan beberapa elemen-elemen desain yang juga sama seperti garis-garis antena dan penempatan modul kamera belakang.

Untuk jeroan, kita akan diberikan suguhan selayaknya ponsel mid-range. Snapdragon 625 yang jadi primadona di kelas ini akan jadi prosesor di ponsel gacoan ASUS ini, lengkap dengan RAM 3/4 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Hasil pemrosesan ini akan disajikan di layar seluas 5,5 inci 1080p. Lalu, di sisi fotografi akan terpasang kamera belakang 16 megapiksel dan kamera 12 megapiksel di depan yang ditemani lampu kilat LED dengan ukuran yang wajar, berbeda dengan pendahulunya.

Zenfone 4 Pro

Nomor kode: ZS551KL / Z01GD / Z01GS

Perkiraan tampilan Zenfone 4 Pro.

Zenfone 4 Pro diproyeksikan akan menjadi flagship seri Zenfone 4 tahun ini. Tentu dengan embel-embel flagship, suguhan yang disajikan ASUS sudah sepantasnya menjadi yang terbaik. Dikutip dari media Italia, DDay.it, Zenfone 4 Pro  yang akan memiliki peran sebagai ponsel top of the line dari ASUS akan dibekali dengan pemrosesan daya high-end Snapdragon 835, RAM 6 GB dan penyimpanan 64 GB. Menariknya, dengan penggunaan SoC tercanggih dari Qualcomm saat ini tersebut, Zenfone 4 Pro dikabarkan akan memiliki modem X16 LTE yang mampu tersambung ke jaringan LTE dengan kecepatan hingga 1 Gbps.

Dari sisi perawakan, Zenfone 4 Pro akan terlihat seperti ponsel yang sudah beredar kebanyakan, yang sayangnya belum mengadopsi desain bezel-less layaknya ponsel terbaru dari pabrikan sebelah. Di depan akan terpampang layar Super AMOLED Quad HD dengan bentang yang masih misterius, entah 5,5 inci atau 5,7 inci. Pada bagian atas layar terdapat komponen-komponen standar seperti earpiece, sensor proximity dan kamera sekunder. Sedangkan pada bagian bawah layar ada sensor sidik jari berbentuk persegi panjang dengan sudut-sudut membulat. Masih dari sumber yang sama, di sisi belakang ponsel bersistem operasi Android Nougat 7.1.1 ini hadir kamera ganda yang uniknya terletak berseberangan akibat adanya tulisan “2X zoom” di tengah bingkai kamera, yang besar kemungkinan teks tersebut menggambarkan kemampuan ponsel untuk melakukan lossless zoom sebanyak 2 kali.

Zenfone 4V

Nomor kode: V520KL / A006

Zenfone 4V, menurut rumor yang beredar akan menjadi ponsel ASUS yang secara eksklusif diperdagangkan via perusahaan operator Amerika Serikat, Verizon. Tak banyak yang diketahui tentang Zenfone 4V ini dari sisi desain, maka dari itu mari lanjut ke kolom spesifikasi. Zenfone 4V kemungkinan akan memiliki layar berdimensi 5,2 inci 1080p, sistem operasi Android 7.0 Nougat, SoC Snapdragon 820 serta RAM 4 GB dengan penyimpanan 32 GB. Kemudian, kamera 21 megapiksel akan bercokol di bodi belakang ponsel, sedangkan di depan Zenfone 4V mengandalkan kamera beresolusi 8 megapiksel.

Zenfone 4 Max

Nomor kode: ZC554KL / X00ID

Zenfone 4 Max adalah salah satu seri mid to low yang berbeda dengan tipe Zenfone 4  lainnya, ponsel ini sudah diumumkan secara resmi. Sesuai namanya, Zenfone 4 Max memiliki keunggulan dari baterainya yang berkapasitas besar mencapai 5000mAh. Sebagai nilai tambah, ponsel ini dibekali adanya dukungan kamera ganda di belakang. Kebetulan krispitech sudah pernah membahas Zenfone 4 Max secara lebih detail yang informasinya bisa dibaca di artikel ini.

ZenUI 4.0

Seperti rilisan-rilisan sebelumnya, kala ASUS merilis Zenfone baru selalu dibarengi dengan peluncuran sistem antarmuka yang baru pula. Sistem antarmuka khas ASUS yang bernama ZenUI dikabarkan akan mengalami perombakan yang diindikasikan dengan perubahan nama menjadi ZenUI 4.0. Meski informasinya cukup terbatas, admin mendapatkan sejumlah sneak-peek yang nantinya akan ada di ZenUI 4.0. Pertama, pada tampilan lockscreenlayout jam yang menunjukkan JJ:MM sebelumnya memiliki orientasi horizontal menjadi vertikal, di mana JJ akan bertumpuk terhadap MM di bawahnya. Selanjutnya, masih pada tampilan lockscreen, akan tersedia fitur wallpaper carousel yang memungkinkan adanya gonta-ganti latar/wallpaper secara otomatis tiap kali pengguna mengakses ke tampilan lockscreen.

Perbandingan tampilan ikon ZenUI 3.0 (atas) dan ZenUI 4.0 (bawah).

Lanjut, paket ikon atau icon packs pada ZenUI 4.0 pun akan mengalami ubahan, lebih flat dan sederhana. Di sisi notificiation panel, jika sebelumnya ikon kontrol berlatar bulat berkelir biru-kehijauan untuk ZenUI 3.0 berbasis Nougat, akan berubah menjadi thin lines atau garis kurus berwarna biru. Sedangkan warna latar berubah dari hitam transparan menjadi putih non-transparan. Tampilan jam pada notification panel pun dibuat lebih tipis atau “kurus”. Masih menyinggung seputar ikon, di menu pengaturan tampilan ikon turut berubah mirip seperti ikon kontrol pada notification panel yang menjadi garis-garis kurus, bedanya, tiap ikon warnanya dibedakan. Misalnya, biru untuk bluetooth, email berwarna merah, storage oranye, dsb.

Jadwal Rilis

ASUS belum mengungkapkan kapan secara pasti akan memperkenalkan Zenfone 4 ke hadapan publik, sejauh ini mereka hanya melancarkan godaan-godaan ringan seperti mem-posting poster di laman resmi sosial media mereka, seperti yang Anda lihat di bawah ini.

Untungnya, menurut Sogi, yang merupakan media teknologi asal Taiwan memberitakan bahwa kemunculan Zenfone 4 rupanya hanya tinggal menghitung hari. Pasalnya mereka menyebutkan bahwa tanggal 17 Agustus nanti akan menjadi tanggal lahir seri ASUS Zenfone 4 ke dunia. Jika ternyata kabar ini benar, Anda yang menantikan kehadiran Zenfone 4 tentu tak perlu menahan rasa penasaran lebih lama lagi, ya.

Update #1 (01/08)

Resmi, melalui forum komunitas Zentalk, ASUS menyampaikan bahwa Zenfone 4 akan diumumkan pada 17 Agustus mendatang.

Aktor asal Korea Selatan, Gong Yoo ditunjuk sebagai Zenfone Brand Ambassador untuk kawasan Asia Pasifik. (Zentalk)

Melalui gambar di atas, kita juga dapat menyaksikan secara jelas tampilan belakang dari ASUS Zenfone 4 (reguler) dengan dukungan kamera belakang ganda, dan material back cover berbahan kaca dalam balutan warna hitam (atau biru?).

Tampilan sisi belakang ASUS Zenfone 4.

Update #2 (04/08)

Perkiraan harga untuk berbagai model dari lini ASUS Zenfone 4 terkuak, dikutip dari Sogi, berikut adalah daftar perkiraan harganya:
Zenfone 4 Selfie: 9990 dolar Taiwan / 4,4 juta rupiah
Zenfone 4 (SD630): 8990 dolar Taiwan / 3,9 juta rupiah
Zenfone 4 (SD660): 10990 dolar Taiwan / 4,8 juta rupiah
Zenfone 4 Pro: 18990 dolar Taiwan / 8,3 juta rupiah

Sumber: Sogi

Update #3 (11/08)

Inilah dia wujud nyata dari beberapa model ASUS Zenfone seri keempat yang sudah berulang kali kita bahas di artikel ini. Melalui situs WinFuture, mereka membeberkan rentetan spesifikasi serta gambar perangkat dari Zenfone 4 Selfie, Zenfone 4 Selfie Pro, dan Zenfone 4 ZE554KL.

Zenfone 4 Selfie Pro. Kredit: WinFuture.

Yang pertama adalah seri Zenfone 4 Selfie, ponsel ini, seperti namanya memang ditujukan untuk kalangan penyuka swafoto. Terbukti, ponsel dengan back cover berbahan metal ini kembali tampil dengan setup kamera depan yang mencolok. Dimana pada varian Zenfone 4 Selfie biasa, ASUS menyematkan kamera ganda beresolusi masing-masing 20MP + 8MP lengkap dengan lampu kilat berjenis LED. Sedangkan untuk varian Pro, resolusinya adalah 24MP + 5MP. Dilihat dari pergerakan ini, ASUS tampak terlihat ingin coba mengambil pasar ponsel-ponsel selfie-centric seperti Oppo F3 atau Vivo V5 yang sudah tak diragukan lagi kemampuannya dalam mengabadikan lekuk serta rona wajah penggunanya.

Zenfone 4 Selfie. Kredit: WinFuture.

Dari segi spek, keduanya memiliki cukup banyak perbedaan. Varian Pro tentu lebih unggul berkat jargon yang khas bercokol di perangkat-perangkat yang memiliki rincian lebih mumpuni, bahkan dibandingkan saudaranya sendiri. Dengan Snapdragon 625, layar Full HD seluas 5,5 inci berjenis AMOLED, kamera belakang 16 megapiksel, dan baterai 3000mAh hadir sebagai standar. Sementara saudaranya yang lebih ekonomis tampil dengan Snapdragon 430, layar HD IPS sebesar 5,5 inci, kamera belakang yang mirip dengan varian Pro, dengan resolusi 16 megapiksel, pun dengan ukuran baterai yang sama, 3000mAh.

Perbedaan spesifikasi tersebut tentu berpengaruh pada harga kedua perangkat. Dimana Zenfone 4 reguler akan dipatok seharga 299 euro (4,7 jutaan rupiah) dan varian Pro dikisaran 399 (6,2 jutaan rupiah). Harga yang cukup mahal atau bisa dibilang sangat tinggi memang, tapi perlu dicatat bahwa harga tersebut merupakan kisaran harga untuk negara-negara Eropa, khususnya Prancis, yang memiliki pajak & biaya tambahan yang tinggi. Ini membuatnya perbedaan harga untuk negara lain bisa jadi berbeda.

Zenfone 4. Kredit: WinFuture.

Lanjut ke Zenfone 4 reguler, yang merupakan salah satu tumpuan ASUS di sektor mid-range. Masih setia seperti pendahulunya, material kaca masih menjadi bahan dari cover belakang. Kemudian, sejalan dengan rumor sebelumnya, Zenfone 4 dengan kode ZE554KL ini akan ditenagai oleh SoC Snapdragon 630. Prosesor penyempurna dari tipe Snapdragon 625 ini akan ditemani dengan RAM berukuran 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Di depan akan terdapat layar 5,5 inci berjenis AMOLED beresolusi Full HD. Sementara di bawahnya tersemat sensor sidik jari dan tombol-tombol kapasitif yang sudah memiliki backlight. Bergeser ke atas, ada kamera 8 MP untuk pemuas hasrat ber-selfie ria. Berbalik ke belakang, kamera ganda hadir dengan resolusi 12 MP dan 8 MP dan lampu kilat LED berbentuk bulat.

Zenfone 4. Kredit: WinFuture.

Dari sisi konektivitas, Zenfone 4 tergolong lengkap dengan hadirnya Wi-Fi dual band, NFC, serta dukungan dual SIM yang sayangnya dengan slot bersifat hybrid, jadi anda harus memilih ingin memiliki ponsel dengan dua nomor berbeda, atau satu nomor dengan memori penyimpanan yang lebih lega. Ponsel dengan baterai 3300mAh ini nantinya akan dibanderol seharga 499 euro atau sekitar 7,8 juta, di Prancis. Tapi lagi-lagi harga tersebut sangat mungkin berbeda untuk negara-negara lainnya semisal di Indonesia.

Sumber: WinFuture (1), (2)