Xiaomi Umumkan Xiaomi Mi 5X

July 26, 2017

by — Posted in Berita

Xiaomi Mi 5X jadi ponsel terbaru Xiaomi seri Mi dengan harga terjangkau.

Xiaomi kali ini punya produk baru, seperti yang sudah sering dibahas sebelumnya, produk tersebut adalah Mi 5X. Memang sekilas tidak ada yang membedakan Mi 5X dengan ponsel-ponsel Xiaomi lainnya. Desainnya cenderung serupa dengan beberapa ponsel seri Mi lain macam Mi 5 dan Mi 6. Lalu, apa yang membuatnya istimewa?

Dengan Mi 5X, kali ini Xiaomi mencoba untuk kembali ke akarnya, dengan menghadirkan ponsel terjangkau dengan spesifikasi yang baik. Memang, meski tak serta merta membawa spesifikasi tertinggi, setidaknya Xiaomi tetap menyematkan Mi 5X dengan elemen-elemen seri Mi yang dikenal memiliki kualitas di atas seri Redmi. Hal itu tercermin dari penggunaan material metal unibody yang dapat kita temukan di ponsel ini, yang mana kita tidak akan temukan di ponsel Xiaomi seri Redmi kecuali Redmi Pro, yang merupakan flagship dari Redmi series.

Berbicara masalah spesifikasi, Mi 5X menawarkan detail layaknya ponsel kelas menengah. Misalnya, pada sektor pemrosesan daya, Mi 5X rupanya masih menggunakan Snapdragon 625 di segi system-on-chip, yang notabene merupakan SoC hemat daya dan tak mengutamakan performa kencang. Snapdragon 625 tersebut dikawinkan dengan ukuran memori yang cukup lega, yakni 4 GB, serta didukung dengan penyimpanan internal untuk kebutuhan menyimpan berbagai jenis data yang lapang, sebesar 64 GB.

Daya tarik Mi 5X pun coba ditingkatkan Xiaomi dengan memasangkan kamera ganda di sisi belakang ponsel. Menariknya, jenis sensor yang digunakan pada Mi 5X ternyata serupa dengan Mi 6, berjenis OmniVision (bukan Sony IMX386) yang sayangnya Xiaomi enggan menyebutkan secara spesifik tipe apa yang dipakai. Tak cuma komponennya saja, Mi 5X juga mendapat fitur warisan dari Mi 6 seperti Potrait Mode untuk menghasilkan foto bokeh layaknya kamera DSLR. Serta adanya fungsi zoom optikal meski Xiaomi lagi-lagi tak merinci seberapa besar pembesaran yang mampu dilakukan.

Di segi ketahanan daya, Xiaomi memasang baterai berukuran 3080mAh pada ponsel yang memiliki opsi warna Hitam, Merah Muda, dan Emas ini. Terakhir, Xiaomi membanderol Mi 5X di harga 1499 yuan atau setara dengan 2,9 jutaan rupiah. Belum diketahui target pasar Mi 5X ini apakah hanya untuk pasar domestik atau sampai ke luar negeri.

Sedikit informasi, beberapa waktu lalu dokumen-dokumen Xiaomi untuk Mi 5X ditemukan telah disetujui oleh FCC dengan nama XMSG2 yang memungkinkan ponsel ini akan melenggang ke pasar internasional. Untuk dokumen yang dimaksud secara spesifik, Anda bisa langsung mengaksesnya ke laman ini.

Spesifikasi Kunci Xiaomi Mi 5X:

Layar: 5,5 inci LTPS FHD
Dimensi/bobot: 155,4 x 75,8 x 7,3mm / 165g
Konektivitas: 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, dual SIM, USB type-C, 3.5mm jack
Prosesor & Memori: Snapdragon 625 / RAM 4 GB / ROM 64 GB ekspansi via MicroSD (hybrid) hingga 128 GB
Kamera: belakang: 12 MP OV wide angle f/2.2 + 12 MP OV telephoto f/2.6, dual LED flash / depan: 5 MP
Sistem Operasi: Android Nougat dengan MIUI 9
Fitur: DHS Audio Calibaration Algorithm, standalone audio amplifier
Sensor: Infrared, accelerometer, e-compass, gyroscope, proximity, light sensor, hall, distance, ambient, fingerprint
Baterai: 3080mAh
Warna: Black, Rose Gold, Gold