Zenfone 4 Max, Seri Keempat Terjangkau dengan Kamera Ganda

July 4, 2017

by — Posted in Berita

Meski dikabarkan mengalami pengunduran jadwal rilis, ASUS Zenfone 4 Max justru hadir tanpa acara seremonial.

Deretan lini ponsel terbaru ASUS yang dipastikan bertajuk Zenfone 4 sewajarnya baru akan dirilis setidaknya pada akhir bulan Juli nanti, meski begitu, ASUS secara tiba-tiba menghadirkan salah satu jagoannya secara diam-diam. Zenfone 4 Max yang kali ini mendapat giliran, tampil di laman resmi ASUS regional Rusia, Zenfone 4 Max secara gamblang memperlihatkan wujud serta spesifikasi yang dibawanya.

Zenfone 4 Max adalah salah satu model Zenfone 4 yang akan mewakili produk ponsel ASUS di tahun 2017, ponsel yang dikategorikan di segmen menengah ini terlihat dibekali fitur-fitur yang sebelumnya sudah pernah bocor di jagat maya. Salah satunya adalah fitur andalannya yakni kamera belakang ganda, layaknya ponsel-ponsel kekinian yang lain, ASUS tentunya menyematkan fitur ini sebagai salah satu nilai jual utama.

Pada kolom spesifikasi ASUS menjelaskan bahwa kamera ganda pada Zenfone 4 Max memiliki dua jenis kamera berbeda, satu beresolusi 13 megapiksel yang difungsikan sebagai kamera utama, sedangkan kamera 5 megapiksel di sebelahnya akan berperan sebagai kamera wide angle yang mampu menangkap objek hingga sudut 120 derajat. Fitur-fitur kamera pendukung juga tak luput dimasukkan oleh ASUS, sebut saja fitur fokus cepat PDAF, EIS, hingga mode resolusi super yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal 52 megapiksel. Sementara jika menengok ke sisi depan, ASUS mengandalkan kamera 8 megapiksel yang ditemani dengan lampu kilat LED.

Seakan tak ingin melupakan asal-usulnya, embel-embel Max pada Zenfone 4 Max bermakna bahwa ponsel ini didaulat memiliki daya tahan baterai yang maksimal, sama seperti saudara-saudaranya terdahulu. Oleh karena itu, ASUS membenamkan baterai berkapasitas 5000mAh yang terbilang mumpuni untuk ponsel dikelasnya. ASUS mengklaim Zenfone 4 Max sanggup memberikan masa pakai yang panjang dalam periode satu kali pengisian daya. 46 jam siaga dalam mode 4G, 40 jam waktu bicara dalam jaringan 3G, dan memutar video secara maraton selama 20 jam adalah hal-hal yang diyakini ASUS dapat dilahap dengan mudah dengan Zenfone 4 Max. Sayangnya, kapasitas besar ini tak didukung oleh teknologi pengisian daya yang cepat, alhasil pengguna harus rela menunggu hingga 4 jam untuk mengisi baterai ponsel dari nol persen sampai penuh.

Di sektor pemrosesan daya, ASUS terlihat tidak melakukan ubahan yang positif, mereka masih percaya terhadap Snapdragon 430 untuk mengemban tanggung jawab memberikan performa pengoperasian ponsel secara smooth. Yang lebih mengherankan, ASUS malah menambahkan opsi prosesor yang bahkan lebih rendah, yakni Snapdragon 425 yang kemungkinan akan kesulitan bekerja dengan baik jika melihat b̶a̶h̶w̶a̶ ̶Z̶e̶n̶f̶o̶n̶e̶ ̶4̶ ̶M̶a̶x̶ ̶m̶e̶m̶i̶l̶i̶k̶i̶ ̶r̶e̶s̶o̶l̶u̶s̶i̶ ̶l̶a̶y̶a̶r̶ ̶y̶a̶n̶g̶ ̶m̶e̶n̶c̶a̶p̶a̶i̶ ̶1̶0̶8̶0̶p̶ ̶F̶u̶l̶l̶ ̶H̶D̶. Apa ini adalah salah satu cara untuk menambah daya tahan baterai?

UPDATE: Asus baru-baru ini memperbaharui kolom spesifikasi Zenfone 4 Max baik reguler maupun Pro dengan tidak mencantumkan resolusi layar. Namun, setelah ditelusuri melalui perilisan kemarin, terdapat beberapa video unboxing yang menunjukkan bahwa Zenfone 4 Max (dan Pro) hanya dilengkapi dengan layar 5,5 inci HD 720p..

Di Rusia, ASUS membanderol Zenfone 4 Max seharga 13900 ruble atau setara dengan 3,1 juta rupiah. Angka ini menjadikan ponsel bermaterialkan logam ini memiliki nilai mahar yang bisa dibilang cukup terjangkau. Lalu, apakah Indonesia juga kebagian Zenfone 4 Max? Zenfone 4 Max sendiri sebelumnya sudah lolos sertifikasi TKDN dan tengah menjalani uji POSTEL yang diperkirakan akan memakan waktu hingga beberapa hari ke depan. Jadi kemungkinan tentu ada, namun belum bisa dipastikan kapan ponsel ini akan datang ke tanah air. Semoga segera ya!

Spesifikasi Kunci ASUS Zenfone 4 Max:

Layar: 5,5 inci IPS HD 720p
Dimensi/bobot: 154 x 76,9 x 8,9mm / 181g
Konektivitas: 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.1, dual SIM, microUSB, 3.5mm jack
Prosesor & Memori: Snapdragon 425/430 / RAM 4 GB / ROM 16/32/64 ekspansi via microSD (non-hybrid)
Kamera: belakang: 13 MP (utama) + 5 MP (wide), f/2.0, PDAF, dual LED flash / depan: 8 MP, f/2.2, LED flash
Sistem Operasi: Android 7.0 Nougat dengan ZenUI
Fitur: Reverse charging
Sensor: Fingerprint reader, accelerometer, electronic compass, gyroscope, proximity sensor, light sensor
Baterai: 5000mAh
Warna: Black, Gold, Pink