Wujud & Spesifikasi Redmi Note 5A Diungkap TENAA

August 15, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Tak ubahnya ponsel-ponsel Xiaomi dengan imbuhan huruf A, Redmi Note 5A setia memboyong spesifikasi selayaknya ponsel low-end.

Belum lama ini kita dikejutkan dengan munculnya dus sebuah ponsel misterius terbaru dari Xiaomi. Tercetak kata “Note 5A” pada sisi depan dus, membuat publik berspekulasi, apakah ini varian ponsel terjangkau anyar yang tengah disiapkan oleh Xiaomi?

Seiring berjalannya waktu, sosok Redmi Note 5A semakin nyata. Melalui rilisan terbaru dari salah satu situs telekomunikasi di Tiongkok HiCDMA, dengan kode MDE6, Redmi Note 5A tampil tanpa selubung. Sekilas, Redmi Note 5A terlihat begitu mirip dengan saudara kecilnya, Redmi 4A, hanya saja ukurannya lebih besar berkat dimensi layarnya yang membengkak.

Hal ini serasa diamini oleh TENAA, yang juga mempublikasikan wujud Redmi Note 5A, namun dengan kode yang sedikit berbeda, yakni MDT6. Hanya saja, kode tersebut tampaknya tak memberikan banyak ubahan terkait spesifikasi yang akan dianut di Redmi Note 5A nanti. Yang membedakannya hanyalah warna emasnya yang sebelumnya tampil di HiCDMA berubah menjadi warna abu-abu cenderung perak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi dari Redmi Note 5A yang dihimpun dari TENAA.

UPDATE: Rupanya Xiaomi tak hanya menyiapkan satu varian Redmi Note 5A, terbukti setelah satu lagi ponsel serupa dengan kode MDT6S dan MDE6S muncul tak lama kemudian. Ada beberapa tambahan fitur di ponsel yang baru muncul ini, yakni adanya sensor sidik jari dan ukuran RAM dan penyimpanan internalnya yang menjadi lebih besar, masing-masing 3 GB dan 32 GB. Prosesornya pun berubah dengan jumlah delapan inti sekencang 1,4 GHz, yang sepertinya mengarah ke Snapdragon 430/435. Serta kamera depan yang sensornya berubah menjadi 16 MP.

UPDATE (17/8)

Melalui akun pribadinya di jejaring sosial Weibo, salah satu petinggi Xiaomi memamerkan wujud Redmi Note 5A dalam tampilan render.

Hadir dalam warna merah muda, silver dan emas, Redmi Note 5A terlihat diperuntukkan untuk anak muda. Belum jelas material apa yang ada di bagian bekalang ponsel tersebut, tapi jika dipantau sekilas, ia terlihat seperti metal.

Spesifikasi Kunci Xiaomi Redmi Note 5A:

Layar: 5,5 inci HD
Dimensi (pxlxt)/bobot: 153,3 × 76,3 × 7,31mm / 150gr
Konektivitas: 4G LTE, WiFi, Bluetooth, dual SIM, micro-USB, 3.5mm jack
Prosesor & Memori: Snapdragon 425/435 (high version) / RAM 2/3 GB / ROM 16/32 GB ekspansi via MicroSD
Kamera: belakang: 13 MP, PDAF, LED flash / depan: 5 MP / 16 MP, LED flash  (high version)
Sistem Operasi: Android Nougat 7.1.1 dengan MIUI 8
Fitur: Second Space, Dual Apps
Sensor: Accelerometer, ambient, gyroscope, proximity, fingerprint (high version)
Baterai: 3000mAh
Warna: Black, Gold, Rose Gold

Sumber: TENAA