Xiaomi dan Google Siapkan Ponsel Android One Generasi Terbaru

August 19, 2017

by — Posted in Berita, Rumor

Xiaomi + Android One = Ke-mending-an yang murni.

Android One merupakan proyek Google dalam menghadirkan ponsel pintar bersistem operasi Android murni, dengan jaminan masa pembaharuan software yang cepat dan tepat waktu. Dalam hal ini, Google berkecimpung langsung dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, hingga pemberian dukungan baik di sisi hardware maupun software. Google kemudian menyertakan pabrikan ponsel pintar lokal maupun internasional untuk membantu mereka dalam proses manufacturing.

Oke, Google memang sudah punya lini Nexus (dulu, kini Pixel) untuk mengakomodir tujuan itu, namun kita sama-sama tahu kan bahwa harga Google Pixel tidaklah murah? Nah, di sini bagian yang menarik, berbeda dengan Pixel, Android One diciptakan dengan harga yang terjangkau. Ini disebabkan karena tujuan utama dicetuskannya proyek ini sendiri adalah untuk menghadirkan ponsel yang dipasarkan di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Ya, meski kini tujuan tersebut tampak berubah haluan dengan masuknya Android One ke negara-negara maju semisal Jepang dan Spanyol, tapi tetap tidak mengubah jati diri proyek yang mengedepankan sisi affordability ini.

Di Indonesia, kita sempat digelontor ponsel-ponsel Android One sampai dua generasi. Kala itu, Mito Impact, Evercoss One X, dan Nexian Journey One yang jadi andalan di generasi awal. Ketiga ponsel yang dipasarkan pada tahun 2015 tersebut dijual dengan banderol hanya satu jutaan rupiah saja, bahkan ada yang kurang dari sejuta, tepatnya 999 ribu. Selang beberapa saat, Google mengajak Infinix untuk meracik ponsel berdarah murni untuk proyek Android One generasi kedua dengan lahirnya Infinix Hot 2. Sayangnya, untuk Android One generasi ketiga dan keempat Indonesia tak kebagian jatah. Google lebih memilih pasar Eropa dengan merilis General Mobile 5 dan General Mobile 6.

Setelah ini, apa lagi gebrakan yang akan dilakukan Google pada proyek ambisiusnya tersebut? Melalui informasi yang diterima krispitech, tak lama lagi kita akan kedatangan ponsel Android One generasi terbaru. Google dikabarkan menunjuk Xiaomi untuk bekerja sama dalam menghadirkan ponsel bersistem Android murni ini ke pasar global. Kaget? Ya, cukup mengejutkan memang, mengingat Xiaomi begitu identik dengan MIUI, apalagi, ponsel-ponsel Xiaomi yang ada sekarang belum tentu lahir lho jika sistem antarmuka kustom itu tak sepopuler pada masa jayanya dulu.

Lalu seperti apa sosok ponsel Android One dari Xiaomi nanti? Usut punya usut, Xiaomi akan memanfaatkan basis dari Xiaomi Mi 5X untuk dimurnikan. Menyoal masalah identitas, penggunaan nama Mi 5X belum bisa dipastikan apakah akan berubah atau tidak, rumor yang beredar, ada kemungkinan Xiaomi akan mengubahnya menjadi Xiaomi A1, entahlah. Pun dari segi desain, saya masih belum tahu betul apakah akan ada perubahan yang signifikan. Yang jelas layar 5,5 inci Full HD, kamera belakang ganda, dan slot dual SIM masih akan tetap dipertahankan. Ini diperkuat dengan temuan yang dibuktikan dengan gambar di bawah.

Bagimana kelanjutannya? Kapan Xiaomi meluncurkan ponsel ini ke pasaran? Sayangnya, saat ini hanya Xiaomi dan Google yang tahu. Mari kita tunggu saja kehadirannya ya!